61 Nakes di Puskesmas Andalas Siap Divaksinasi


Kamis, 21 Januari 2021 - 21:09:37 WIB
61 Nakes di Puskesmas Andalas Siap Divaksinasi Vaksinasi salah seorang Nakes di Puskesmas Andalas.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 61 tenaga kesehatan (Nakes) yang bekerja di Puskesmas Andalas yang beralamat di Andalas Nomor 82B Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Provinsi Sumbar terdaftar sebagai penerima vaksin Corona atau Covid-19 dari Sinovac tahap 1 (satu).

Pelaksanaan vaksinasi dilakukan secara bertahap sesuai standar protokol kesehatan. Hingga Rabu (20/1/2021) kemaren baru sebanyak 18 nakes yang mengikuti vaksinasi.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Selasa 09 Maret 2021

Kepala Puskesmas Andalas, dr Mela mengatakan, tenaga kesehatan yang terdaftar sebagai penerima vaksin meliputi tenaga kesehatan, dokter, perawat, bidan, petugas keamanan dan kebersihan. Kegiatan vaksinasi di Puskesmas Andalas dilakukan setiap jadwal yang ditentukan.

"Untuk skemanya 61 orang nakes ini, kita bagi 15 orang per hari berarti selama lima hari selesai. Jadwal kita setiap hari Senin dan Rabu," ujar dr Mela.

Baca Juga : Pantai Air Manis Padang Masih Lengang, Omset Pedagang Anjlok

dr. Mela berpesan kepada petugas di Puskesmas Andalas untuk yang akan divaksin agar beristirahat dulu yang cukup. Karena ada tahapan skrinning penyakit. Ada beberapa penyakit yang tidak boleh nakesnya divaksin. Seperti penyakit auto imun.

"Auto imun ini yang punya penyakit lupus, ini tidak boleh. Tapi yang lain boleh kalau terkendali," tegas dr. Mela.

Baca Juga : Demam Tanaman Hias di Padang Terus Meluas

Salah seorang Nakes di Puskesmas Andalas, Budi menyebutkan, mulai dari bulan 3 (tiga) hingga bulan 11 dirinya sering berinteraksi dengan masyarakat yang terinfeksi Covid-19. Rata-rata pasien Covid-19 di Padang Timur maupun dari luar dia yang membawa.

"Reaksinya adalah ngatuk seperti minum obat. Kalau gatel-gatel dan sesak nafas seperti yang tersebar diberita itu tidak benar," kata Budi.

Baca Juga : Terancam Abrasi, Masjid Al-Hakim Padang Dipasang Batu Pemecah Ombak

"Saya juga sudah melakukan tes swab sebanyak 16 kali, alhamdulillah selalu negatif sampai saat sekarang ini," kata Budi. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]