Agar Suara Tak Fals, Lakukan Cara Ampuh Ini


Jumat, 22 Januari 2021 - 05:07:26 WIB
Agar Suara Tak Fals, Lakukan Cara Ampuh Ini Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Menjaga kesehatan pita suara tidak hanya dilakukan oleh orang yang terjun di bidang tarik suara. Padahal kesehatan pita suara perlu dijaga karena suara merupakan salah satu sarana komunikasi dengan orang lain. Setiap orang akan mendapatkan dampak yang buruk jika mengalami masalah dengan suara.

Menjaga kesehatan pita suara bisa dilakukan dengan pola hidup sehat. Kemudian, Anda juga harus mengontrol diri saat mengeluarkan suara agar pita suara tidak bekerja terlalu keras. Dikutip dari Liputan6.com terdapat beberapa cara ampih untuk dapat menjaga kesehatan pita suara. Apa saja? Berikut ulasannya:

Baca Juga : 4 Maret Hari Obesitas Sedunia, 1 dari 3 Orang Indonesia Mengalami Obesitas

  • Banyak minum air putih

Air putih tidak hanya dapat mengatasi dehidrasi, tetapi juga dapat membantu menjaga kesehatan pita suara. Pita suara bekerja dengan getaran yang sangat cepat, sehingga keseimbangan air yang cukup dapat menjadi pelumas yang baik untuk pita suara.

  • Gunakan suara sebijak mungkin

Jika sering bicara dalam jangka waktu yang lama, Anda perlu meluangkan waktu untuk mengistirahatkan pita suara. Atur waktu untuk menemukan suasana sepi, sehingga Anda dapat diam dan tak perlu banyak bicara dengan orang lain. Gunakanlah suara Anda seperlunya dan usahakan untuk tidak berbicara terlalu banyak atau menyanyi ketika sedang kelelahan atau saat suara sudah mulai serak.

Baca Juga : Gejala Awal Penyakit Ginjal pada Anak-anak, Tubuh Sering Sembab

  • Hindari berteriak

Usahakan untuk tidak berbicara keras saat sedang berada di daerah yang bising. Jika tenggorokan terasa kering atau lelah, dan suara menjadi semakin serak, itu merupakan tanda bahwa ada masalah pada pita suara. Berbicara dengan volume terlalu keras, berteriak, atau menyanyi dengan cara yang dipaksakan tidak baik untuk pita suara. 

  • Jaga otot tenggorokan tetap rileks

Usahakan otot tenggorokan dan leher tetap dalam kondisi rileks, bahkan sewaktu menyanyi nada tinggi maupun rendah bagi penyanyi. Beberapa penyanyi punya kebiasaan memiringkan kepala mereka ketika bernyanyi nada tinggi dan menundukkan kepala ketika menyanyikan nada rendah. (*)

Baca Juga : Untuk Lansia di Indonesia Lho! Vaksinasi Covid-19 Bisa Drive-Thru, Begini Caranya

Reporter : Buliza Rahmat | Editor : Merinda Faradianti | Sumber : Liputan6.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]