Bantu Mahasiswa Penelitian di Masa Pandemi, STIKes Alifah Gelar Kuliah Pakar


Jumat, 22 Januari 2021 - 08:19:58 WIB
Bantu Mahasiswa Penelitian di Masa Pandemi, STIKes Alifah Gelar Kuliah Pakar Webinar STIKES Alifah Padang

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Salah satu kendala yang dihadapi mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir di masa pandemi adalah sulitnya melakukan penelitian, terutama jika harus berhubungan dengan banyak orang.

Padahal tugas akhir merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan gelar akademik di sebuah perguruan tinggi. Kesulitan itu tentu juga dirasakan oleh mahasiswa perguruan tinggi kesehatan.

Baca Juga : Alur Pengambilan Toga Wisuda Politeknik Negeri Padang

Pandemi yang tak kunjung usai membuat ruang gerak mahasiswa menjadi sangat terbatas dalam melakukan penelitian mulai dari mengumpulkan, mengolah hingga menguji data yang telah dikumpulkan tersebut.

Untuk mengatasi permasalahan atau kendala itu, Sekolah TInggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Alifah Padang menggelar Kuliah Pakar, Rabu (20/1/2021). Kegiatan ini terutama ditujukan untuk program studi Kesehatan Masyarakat.

Baca Juga : Segera Daftar! Batas Pendaftaran Wisuda Politeknik Negeri Padang Berakhir Besok

Diselenggarakan secara virtual, kegiatan yang menghadirkan Prof. Asnawi Abdullah sebagai pemateri utama ini mengambil tema Literatur Review, Metode Penelitian Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19.

Diketahui, Prof. Asnawi Abdullah merupakan guru besar dalam bidang ilmu kesehatan masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha).

Baca Juga : Nadiem Siapkan Rp 2,6 Triliun untuk Kuota Internet Tahun Ini

Dijelaskan oleh Prof. Asnawi, Literatur Review merupakan penelitian yang mengkaji atau meninjau secara kritis pengetahuan, gagasan, atau temuan yang terdapat di dalam tubuh literatur berorientasi akademik (academic-oriented literature), serta merumuskan kontribusi teoritis dan metodologisnya untuk topik tertentu.

Menurutnya, tujuan akhir Literatur Review adalah untuk mendapatkan gambaran yang berkenaan dengan apa yang sudah pernah dikerjakan orang lain sebelumnya. Menggunakan Literatur Review sebagai metode penelitian kesehatan di saat pandemi yang tengah berlangsung tentu sangat relevan sebagai salah satu cara untuk ikut menekan penyebaran Covid-19.

Baca Juga : Kasihan! Pelajar di Dusun Batu Bosa Hanya Gunakan Penerangan Lampu Togok

"Setidaknya penelitian dengan metode ini mengurangi interaksi dengan orang lain," katanya.

Secara umum kuliah pakar yang dibuka langsung oleh Ketua STIKes Alifah Ns. Asmawati, M.Kep dan dimoderatori oleh dosen prodi Kesehatan Masyarakat, Radian Ismalkal, MPH ini berlangsung lancar.

Panitia juga menyediakan e-sertifikat 2 SKP IAKMI serta hadiah menarik atau door prize untuk peserta. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]