Mata Anda Bintitan? Ini 4 Pengobatan Rumahan untuk Mengatasinya


Jumat, 22 Januari 2021 - 09:09:41 WIB
Mata Anda Bintitan? Ini 4 Pengobatan Rumahan untuk Mengatasinya Ilustrasi mata bintitan

HARIANHALUAN.COM - Bintitan adalah salah satu sakit mata yang dialami banyak orang. Anda mungkin salah satu orang yang pernah mengalaminya. Kenapa bintitan bisa terjadi? 

Bintitan terjadi karena adanya infeksi bakteri. Kondisi ini menimbulkan benjolan di dasar kelopak mata. Bentuk benjolan itu seperti jerawat, tidak terlalu besar.

Baca Juga : 4 Maret Hari Obesitas Sedunia, 1 dari 3 Orang Indonesia Mengalami Obesitas

Bintitan bisa berwarna merah dan menimbulkan rasa sakit. Kondisi ini terjadi karena kelenjar minyak atau folikel rambut di sekitar kelopak mata terinfeksi atau tersumbat.

Dikutip Okezone dari Insider, Jumat (22/1/2021), dokter mata di Houston Eye Associates di Houston, Texas, Fiaz Zaman MD FACS, mengatakan ada banyak kelenjar minyak di sekitar mata yang menghasilkan minyak untuk membantu air mata menempel di mata serta membuatnya tetap terlumasi.

Baca Juga : Gejala Awal Penyakit Ginjal pada Anak-anak, Tubuh Sering Sembab

Kelenjar ini bisa tersumbat oleh minyak berlebih, sel kulit mati, dan bakteri yang menyebabkan pembentukan seperti jerawat di kelopak mata. Ini mirip dengan bagaimana jerawat terbentuk ketika pori-pori di wajah tersumbat.

Adapun gejala bintitan meliputi benjolan di kelopak mata, berkerak di sekitar kelopak mata, pembengkakan, kemerahan, rasa sakit. Bintitan dapat terjadi berhari-hari atau bahkan beberapa minggu.

Baca Juga : Untuk Lansia di Indonesia Lho! Vaksinasi Covid-19 Bisa Drive-Thru, Begini Caranya

Berikut ini beberapa pengobatan rumahan yang bisa membantu meringankan gejala bintitan dan mempercepat proses penyembuhan.

1. Bersihkan kelopak mata

Baca Juga : Ini Masker yang Disarankan Ahli untuk Tangkal Corona B117

Dokter mata dan presiden Asosiasi Ahli Kacamata Kanada, Micheal Nelson OD FAOO, menjelaskan bahwa menjaga kebersihan mata yang baik dapat membantu mencegah dan mengobati bintitan.

Guna menjaga kebersihan kelopak mata, jangan gunakan makeup kedaluwarsa, hapus makeup di malam hari, cuci tangan secara teratur, terutama jika memakai lensa kontak. Jangan menggosok mata jika memiliki alergi. Jika memang ada bintitan, bersihkan area tersebut dengan sampo bayi yang diencerkan dan lembut untuk mata. Ini akan membantu mengurangi bakteri di sekitar bintit dan mencegah penyebaran infeksi.

Menjaga kebersihan mata dengan mencuci kelopak mata dan bulu mata dengan sabun lembut yang digunakan di sekitar mata setiap beberapa hari juga dapat membantu mencegah terjadinya bintitan.

2. Gunakan kompres hangat

Menempatkan waslap hangat dan lembab pada mata yang tertutup dapat membantu mengatasi bintitan. Panas membantu membuka pori-pori yang tersumbat dan mengeluarkan bahan berminyak yang menempel di sana. Gunakan kompres hangat selama 10 hingga 15 menit sebanyak 2 hingga 3 kali sehari untuk hasil terbaik.

3. Pertimbangkan untuk tidak memakai lensa kontak

Bintitan dapat mengganggu proses pelumasan alami mata dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan jika biasanya memakai lensa kontak. Minyak yang diproduksi di kelopak mata adalah bagian dari film air mata dan jika Anda tidak memiliki cukup minyak yang masuk ke dalam air mata alami, mata akan lebih cepat kering.

Jika mengalami mata kering akibat bintitan, sebaiknya hindari memakai lensa kontak sampai bintitan sembuh. Namun, Dokter Fiaz Zaman mengatakan Anda bisa terus memakai lensa kontak selama mata terasa nyaman.

4. Berhenti memakai riasan mata

Mengenakan riasan mata dengan bintitan dapat semakin mengiritasi mata dan menyebabkan infeksi menyebar. Dokter Fiaz Zaman menyarankan agar menghindari riasan yang diaplikasikan langsung ke kelopak mata, seperti maskara atau eyeliner. Dia mengatakan eyeshadow biasanya aman dipakai selama diaplikasikan di luar margin tutupnya.

Setelah bintitan sembuh, sebaiknya buang eyeliner atau maskara yang digunakan sebelum bintitan. Dokter Micheal Nelson mengatakan ini karena dua alasan yakni makeup bisa menjadi sumber infeksi bakteri. Anda telah memindahkan bakteri dari infeksi Anda ke produk makeup dan dapat menyebarkan bakteri ke mata lainnya. (*)

Editor : Rahma Nurjana | Sumber : okezone.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]