Kabar Gembira, Nadiem Lanjutkan Subsidi Kuota Internet Gratis Sampai Mei


Jumat, 22 Januari 2021 - 09:32:44 WIB
Kabar Gembira, Nadiem Lanjutkan Subsidi Kuota Internet Gratis Sampai Mei Mendikbud Nadiem Makarim (Tangkapan Layar Youtube Cerdas Berkarakter Kemdikbud RI)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ini kabar gembira untuk pelajar, guru, dan dosen di Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memutuskan untuk melanjutkan subsidi kuota internet gratis untuk mereka pada tahun ini.

Mendikbud Nadiem Makarim dalam rapat bersama dengan Komisi X DPR menjelaskan pada 2020, bantuan subsidi kuota diberikan kepada siswa, mahasiswa, guru dan dosen dengan total penerima 35,59 juta orang.

Baca Juga : Alur Pengambilan Toga Wisuda Politeknik Negeri Padang

Subsidi kuota gratis kemudian, kata Nadiem akan dilanjutkan di tahun ini.

"Dilanjutkan untuk bulan Maret, April, dan Mei 2021," jelas Nadiem, dikutip dari CNBC Indonesia Jumat ini (22/1).

Baca Juga : Segera Daftar! Batas Pendaftaran Wisuda Politeknik Negeri Padang Berakhir Besok

Dalam kesempatan itu, Nadiem juga menjelaskan, pada 2020, program belajar dari rumah di TVRI tercatat jumlah penonton dari April-Desember 2020 sebanyak 1,588 juta penonton.

Tayangan terdiri dari pembelajaran dengan targeted group (PAUD, SD kelas 1-6, SMP, dan SMA, serta program parenting dan kebudayaan.

Baca Juga : Nadiem Siapkan Rp 2,6 Triliun untuk Kuota Internet Tahun Ini

Tayangan program belajar dari rumah di TVRI tersebut diketahui ditayangkan di LPP TVRI setiap hari termasuk di hari libur dan cuti bersama, dengan durasi keseluruhan tayangan setiap harinya selama 8 jam.

Pada tahun ini, kata Nadiem, program belajar di rumah di TVRI akan difokuskan pada peserta didik PAUD (pendidikan anak usia dini) dan SD kelas 1-6 dengan setiap jenjang diberi durasi 30 menit atau total 3,5 jam per hari.

Baca Juga : Kasihan! Pelajar di Dusun Batu Bosa Hanya Gunakan Penerangan Lampu Togok

"Ditayangkan di hari Senin-Jumat, tidak tersedia di hari Sabtu, Minggu, atau hari libur nasional, atau cuti bersama yang ditetapkan pemerintah," jelas Nadiem.

Adapun penggunaan kuota internet ini bisa diakses melalui laman kuota-belajar.kemendikbud.go.id. (*)

Editor : Rahma Nurjana | Sumber : CNBC Indonesia
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]