Sepekan Usai Divaksin Sinovac, Bupati Ini Positif Covid-19


Jumat, 22 Januari 2021 - 12:28:18 WIB
Sepekan Usai Divaksin Sinovac, Bupati Ini Positif Covid-19 Ilustrasi

SLEMAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Sleman, DI Yogyakarta, Sri Purnomo, dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 pada Kamis (21/1). Kepastian positif tersebut persis terjadi sepekan seusai Purnomo menerima vaksin pada Kamis (14/1) pekan lalu.

“Saya menjalani tes swab antigen yang mana hasilnya dinyatakan positif. Kemudian, dilanjutkan dengan tes swab PCR, di mana hasil yang saya terima pagi ini (Kamis) dinyatakan positif,” kata Purnomo, Kamis (21/1).

Baca Juga : Marzuki Alie cs Gugat AHY Terkait Pemecatan, Demokrat Sebut Lucu dan Menggelikan

Purnomo mengaku sudah melakukan rontgen thorax dan CT scan thorax. Dia bersyukur paru-parunya dinyatakan bersih. Kondisi kesehatannya kini diakui 100 persen sehat dan tidak menunjukkan gejala apa pun. Meski demikian, Purnomo mengaku pada Selasa (19/1) malam sempat mengalami batuk-batuk dan suhu badannya naik pada angka 37,6 derajat celsius.

Saat ini Purnomo sedang menjalankan isolasi secara mandiri di rumah dinas, tidak ke rumah sakit. Seluruh keluarga dan stafnya di rumah dinas yang sering interaksi juga telah melakukan swab antigen dan hasilnya semua negatif.

Baca Juga : Wah, Marzuki Alie Gugat AHY ke PN Jakarta Pusat

Purnomo menerima vaksin Sinovac pada Kamis (14/1) pekan lalu. Ia mengimbau masyarakat tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan 3M, yakni mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

Kejadian serupa juga pernah terjadi di Amerika. Seorang perawat dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 setelah menerima vaksin Pfizer. Konfirmasi positif itu hanya selang beberapa hari dari perawat tersebut divaksinasi.

Baca Juga : Pemerintah Matangkan Persiapan Pembukaan CPNS 2021

Vaksinolog dan spesialis penyakit dalam, Dirga Sakti Rambe, pernah menyatakan bahwa vaksin Covid-19 tidak bisa langsung bekerja atau langsung membentuk kekebalan seusai disuntikkan. Vaksin harus disuntikkan dengan dosis lengkap dan membutuhkan waktu agar dapat membentuk kekebalan tubuh atau antibodi.

“Pada vaksinasi memang ada prinsip umum bahwa kekebalan itu baru terbentuk 10-14 hari setelah suntikannya lengkap,” ujar Dirga.

Baca Juga : Demokrat Sebut Moeldoko Harus Out dari Istana!

Agar vaksin bisa menjalankan fungsinya untuk memberikan kekebalan pada tubuh seseorang, Dirga mengingatkan bahwa proses vaksinasi Covid-19 harus dilakukan dengan lengkap. “Suntikan lengkap vaksin Covid-19 itu adalah dua dosis,” ujar dia.

Ia menjelaskan cara vaksin Covid-19 membantu manusia membentuk kekebalan terhadap penyakit yang disebabkan virus SARS-CoV-2 itu. Vaksin yang memiliki komponen virus Covid-19, bukan virus itu sendiri, kemudian disuntikkan ke tubuh agar dapat mengenali dan kemudian membentuk antibodi yang berfungsi sebagai ‘pasukan’ yang melawan virus.

Tubuh kemudian membentuk sel memori yang memiliki kemampuan mengingat sehingga pada saat setelah divaksin orang terpapar virus SARS-CoV-2, antibodi akan langsung diproduksi. “Inilah keunggulan vaksin dibandingkan upaya metode pencegahan, dapat memberikan perlindungan yang sifatnya spesifik di mana antibodinya spesifik terbentuk terhadap Covid-19,” ujar dia. Demikian republika.id. (*)
 

Editor : Nova Anggraini | Sumber : republika
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 09 Maret 2021 - 11:10:47 WIB

    Marzuki Alie cs Gugat AHY Terkait Pemecatan, Demokrat Sebut Lucu dan Menggelikan

    Marzuki Alie cs Gugat AHY Terkait Pemecatan, Demokrat Sebut Lucu dan Menggelikan Marzuki Alie dkk menggugat Ketum Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY ke Pengadilan Jakarta Pusat guna meminta majelis hakim membatalkan SK pemecatan. Partai Demokrat menilai lucu gugatan Marzuki Alie cs..
  • Selasa, 09 Maret 2021 - 09:07:03 WIB

    Wah, Marzuki Alie Gugat AHY ke PN Jakarta Pusat

    Wah, Marzuki Alie Gugat AHY ke PN Jakarta Pusat Mantan ketua DPR RI Marzuki Alie melayangkan gugatan terhadap Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) selaku ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Berdasarkan laman resmi Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selas.
  • Selasa, 09 Maret 2021 - 08:38:46 WIB

    Pemerintah Matangkan Persiapan Pembukaan CPNS 2021

    Pemerintah Matangkan Persiapan Pembukaan CPNS 2021 Pendaftaran CPNS 2021 sebentar lagi bakal dibuka. Pemerintah tengah mematangkan persiapan pembukaan pendaftaran CPNS. Sebab, tidak hanya CPNS, tetapi pemerintah membuka seleksi PPPK..
  • Selasa, 09 Maret 2021 - 08:31:33 WIB

    Demokrat Sebut Moeldoko Harus Out dari Istana!

    Demokrat Sebut Moeldoko Harus Out dari Istana! Partai Demokrat meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuktikan ucapannya terkait tidak akan melemahkan partai-partai di luar pemerintahan. Untuk itu, Partai Demokrat mendesak Jokowi untuk mengeluarkan Kepala Kantor Staf Ke.
  • Selasa, 09 Maret 2021 - 08:11:38 WIB

    Pesan AHY ke Kader: Jangan Sampai Miskin Harga Diri!

    Pesan AHY ke Kader: Jangan Sampai Miskin Harga Diri! Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan pesannya kepada seluruh kader di tengah permasalahan yang melibatkan Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko. Dalam pesannya, ia menekankan agar pa.
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]