Vaksinasi Covid Prioritas untuk Wartawan, Ketua IJTI Sumbar: Perlu Diapresiasi


Jumat, 22 Januari 2021 - 14:14:29 WIB
Vaksinasi Covid Prioritas untuk Wartawan, Ketua IJTI Sumbar: Perlu Diapresiasi John Neddy Kambang

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Baru-baru ini Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo menyarankan kepada pemerintah untuk menjadikan wartawan masuk sebagai kelompok prioritas penerima vaksin Covid-19. Ia menilai, pekerjaan yang menuntut wartawan harus bertemu dengan orang baru dapat menimbulkan risiko penularan virus Corona.

Katanya, dengan diberikannya vaksin pada wartawan pemerintah dapat ikut berperan dalam melindungi kerja jurnalistik. Selain itu menurut Bamsoet, wartawan juga tidak memungkinkan melakukan WFH karena harus terjun ke lapangan langsung. 
Menanggapi hal tersebut, Ketua IJTI Sumbar John Neddy Kambang saat dihubungi Harianhaluan.com, Jumat (22/1/2021) mengatakan rencana tersebut perlu diapresiasi. Karena menurutnya, hal itu sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap rekan-rekan jurnalis.

Baca Juga : Menkes Sebut Vaksinasi Tahap Kedua Ditargetkan Tuntas Juni

"Sesuatu yang baik sebagai bentuk perhatian pemerintah dalam upaya melindungi jurnalis dari ancaman Corona. Karena profesi wartawan juga ikut menjadi garda terdepan," katanya.

Namun, untuk dapat melaksanakan hal tersebut pemerintah perlu melakukan sosialisasi lebih lanjut terkait penggunaan vaksin tersebut. Karena, saat sekarang ini banyak sekali berita hoax yang tersebar terkait dampak negatif dari pemberian vaksin.

Baca Juga : Jokowi Resmi Hapus IMB dan Diganti dengan PBG, Apa Itu?

"Hanya saja masih perlu sosialisasi lebih lanjut terutama dampak negatif terhadap hoax. Harus diluruskan terlebih dahulu. Jangan sampai jika tidak dilakukan sosialisasi dampak negatif vaksin malah wartawan mengajak masyarakat ke yang jelek," jelasnya.

Sehingga, pemerintah harus berupaya untuk dapat mengintensifkan sosialisasi tersebut. Meskipun begitu, John memastikan rekan jurnalis yang tergabung di IJTI Sumbar memberikan respon yang baik jika nantinya diberikan vaksin oleh pemerintah.

Baca Juga : Lowongan Kerja Pekan Ini: 2 BUMN Cari Posisi Ini

Tak lupa ia juga mengimbau kepada rekan jurnalis yang sering berinteraksi dengan orang di lapangan agar dapat selalu menjaga kesehatan. Kemudian, menerapkan protokol kesehatan dengan ketat karena dapat melindungi diri sendiri dan orang lain dari ancaman virus Corona.

"Rekan jurnalis agar selalu menjaga kesehatan, karena kesehatan lebih penting dari pekerjaan. Jika kesehatan baik maka pekerjaan akan berjalan dengan baik. Jaga imun tubuh dan jangan lupa menerapkan 3M, mencuci tangan, memakai makser, dan menjaga jarak. Karena penting bukan hanya untuk kita tapi juga untuk orang sekitar," tutupnya.(*)

Baca Juga : Dinilai Beri Sinyal ke Moeldoko, SBY: Aku Lawanmu Bukan AHY!

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Nova Anggraini
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 27 Februari 2021 - 13:30:31 WIB

    Menkes Sebut Vaksinasi Tahap Kedua Ditargetkan Tuntas Juni

    Menkes Sebut Vaksinasi Tahap Kedua Ditargetkan Tuntas Juni Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan vaksinasi Covid-19 tahap kedua ditargetkan tuntas pada Juni 2021. Hal ini diungkapkan Menkes saat memantau pelaksanaan vaksinasi lansia di Surabaya, Sabtu (27/2)..
  • Sabtu, 27 Februari 2021 - 12:24:09 WIB

    Jokowi Resmi Hapus IMB dan Diganti dengan PBG, Apa Itu?

    Jokowi Resmi Hapus IMB dan Diganti dengan PBG, Apa Itu? Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang sebelumnya diatur dalam Undang-undang No.28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung resmi dihapus oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebagai gantinya, ada ketentuan baru yang diberi nama Perset.
  • Sabtu, 27 Februari 2021 - 11:21:29 WIB

    Lowongan Kerja Pekan Ini: 2 BUMN Cari Posisi Ini

    Lowongan Kerja Pekan Ini: 2 BUMN Cari Posisi Ini Lowongan kerja pekan ini ditawarkan dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) dan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) atau PT INTI. Berikut lowongan kerja pekan ini.
  • Sabtu, 27 Februari 2021 - 10:19:14 WIB

    Dinilai Beri Sinyal ke Moeldoko, SBY: Aku Lawanmu Bukan AHY!

    Dinilai Beri Sinyal ke Moeldoko, SBY: Aku Lawanmu Bukan AHY! Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) turun gunung. terkait isu kudeta. Dalam video berdurasi sekira 30 menitan, Presiden keenam RI itu sempat menuduh Kepala KSP, Moeldoko ingin merebut Demokrat.
  • Sabtu, 27 Februari 2021 - 10:14:28 WIB

    Anies Baswedan Unggah Foto Pakai Batik Motif Banteng Merah

    Anies Baswedan Unggah Foto Pakai Batik Motif Banteng Merah Ada yang menarik ketika Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan ikut merayakan Tahun Baru Imlek 2572, bersama keluarga besar Perhimpunan INTI (Indonesia Tionghoa) secara virtual di Jakarta. Anies mengunggah momen itu di ak.
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]