GOR H Agus Salim Padang Ditutup, Pedagang: Sabtu dan Minggu Harinya Kami


Jumat, 22 Januari 2021 - 19:03:01 WIB
GOR H Agus Salim Padang Ditutup, Pedagang: Sabtu dan Minggu Harinya Kami Salah seorang pedagang di GOR H Agus Salim saat diwawancarai wartawan. Foto: Buliza Rahmat

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pedagang Kaki Lima (PKL) keberatan dengan kebijakan pemerintah terkait penutupan lokasi GOR H Agus Salim pada Sabtu dan Minggu, 22-23 Januari 2021.

Alasan keberatan itu karena pada hari itu adalah kesempatan pedagang untuk meraup untung lebih. Bahkan untung yang diperoleh dua kali lipat dari hari biasanya.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Selasa 09 Maret 2021

Elfa Rokya (40) adalah pedagang harian, mengaku sedikit keberatan atas kebijakan itu. Seharusnya, pemerintah juga harus memikirkan keadaan pedagang yang penghasilannya hanya dari berjualan.

"Saya percaya covid-19 itu ada, nyatanya ada yang meninggal karena terpapar covid-19. Tapi sampai kapan?. Sementara kita butuh hidup," katanya.

Baca Juga : Pantai Air Manis Padang Masih Lengang, Omset Pedagang Anjlok

Kalau alasanya karena covid-19, mestinya pemerintah mencarikan jalan keluar selain penutupan. Sehingga pedagang yang ada di kawasan Gor bisa berjualan. Setidaknya bisa menambah untuk membeli kebutuhan pokok.

"Kebijakan lain seperti pedagang diminta untuk mengatur jarak. Tapi kalau sudah seperti ini, kami pun harus mengikut kebijakan itu," imbuhnya.

Baca Juga : Demam Tanaman Hias di Padang Terus Meluas

Hal serupa juga disampaikan Fadli (34) adalah pedagang jus juga keberatan dengan kebijakan pemerintah tersebut. Masalahnya dia butuh uang untuk membayar tagihan.

"Rata-rata pedagang di sini punya utang. Termasuk saya yang harus membayar kredit motor setiap bulannya. Tapi mau tak mau harus mengikut kebijakan pemerintah," tukasnya.

Baca Juga : Terancam Abrasi, Masjid Al-Hakim Padang Dipasang Batu Pemecah Ombak

Terpisah, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumbar, Bustavidia mengaku penutupan hanya dilakukan dua hari. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran covid-19.

"Kawasan ditutup dari pukul 05.00 WIB sampai 10.00 WIB. Diakuinya, penutupan hanya dilakukan selama dua hari dan tidak secara penuh," terangnya.

Sebelumnya, penutupan Gor itu adalah hasil rapat pemerintah provinsi dengan pihak kepolisian. Langkah ini juga merupakan permintaan pihak kepolisian. Kemudian petugas dari kepolisian, TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan akan dilibatkan saat penutupan GOR H Agus Salim.

Petugas akan ditempatkan di sejumlah titik yang jadi pintu masuk menuju kawasan GOR Haji Agus Salim, diantaranya Simpang Kakiku, Simpang Flamboyan, Simpang Muamalat, Simpang Sarabi Enhai, Simpang Rumah Makan Sederhana. (*)

Reporter : Buliza Rahmat | Editor : Milna Miana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]