Dua Nagari di Pessel Panen Durian, Hasil Produksi Capai Rp400 Juta


Jumat, 22 Januari 2021 - 19:27:56 WIB
Dua Nagari di Pessel Panen Durian, Hasil Produksi Capai Rp400 Juta Masyarakat tengah mengumpulkan hasil panen durian. Foto: M Joni

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 2 (dua) Nagari di Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) saat ini tengah mengalami panen durian. Setidaknya hasil produksi masyarakat tani dengan rata-rata berkisar Rp400 juta yang dijual kepada pedagang pengumpul dengan harga Rp17.000-Rp18.000 per buah durian.

Wali Nagari Koto Rawang, Derijol mengatakan, hasil produksi panen durian tahun ini cukup mengembirakan, masyarakat merasa dari hasil panen durian berbagai pembangunan mengeliat dan berkembang di Nagari.

Baca Juga : Kabar Baik, BTN Pangkas Bunga KPR Hingga 2,7%

"Sangat disayangkan, akibat banyak pedagang pengumpul yang langsung datang ke petani kebun, harga jualnya durian lebih murah dibandingkan bila di jual ke pasar tradisional. Sebagian masyarakat merasa lega dari hasil produksi perkebunan yang mereka miliki telah mampu memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga," kata Derijol, Jumat (22/1/2021).

Salah seorang petani, Edi 47 mengatakan, hasil panen durian tersebut hanya berlangsung setahun sekali yang sangat ditunggu oleh masyarakat tani dalam upaya membangkitkan ekonomi keluarga.

Baca Juga : Aduh! Harga Emas Antam Jatuh ke Titik Terendah dalam 6 Bulan

"Dalam satu batang pohon durian yang dimiliki petani bisa mengantongi uang Rp8.000.000-Rp10.000.000 dengan kondisi harga jual mengembirakan Rp5 ribu sampai dengan Rp40 ribu per buah," ulasnya.

Menurutnya, buah durian asal Nagari Koto Rawang dan Salido Ketek dikenal enak dan gurih. Tak heran, buah durian ke dua nagari ini selalu diincar oleh pedagang pengumpul untuk dijual ke berbagai daerah, dan sebagian pedagang juga langsung menjual secara enceran di sepanjang jalan nasional lintas Padang-Pessel, terlihat lapak-lapak buah durian menunggu pembeli.

Baca Juga : Pasaman Jadi Daerah Ketiga yang Melakukan Ekspor Tanaman Kaktus

Salah seorang pedagang durian, Erna mengakui, bila durian yang dijualnya terlihat bagus, harga jual lebih tinggi mencapai Rp25.000-Rp45.000 per buah.

"Sedangkan minat beli masyarakat cukup dapat dibanggakan, bahkan sebagian konsumen menginginkan buah durian yang bagus dan rasanya enak seperti, durian kunyit yang selalu diincar oleh pembeli," katanya. (*)

Baca Juga : Keren Nih! Jengkol dari Sumbar Mulai Melenggang ke Pasar Asia

Reporter : M Joni | Editor : Milna Miana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]