Surni Yanti: Lulusan Bahasa Inggris Politeknik Negeri Padang Dibutuhkan di Hotel


Jumat, 22 Januari 2021 - 21:05:05 WIB
Surni Yanti: Lulusan Bahasa Inggris Politeknik Negeri Padang Dibutuhkan di Hotel GM Hotel Grand Zuri Padang, Surni Yanti.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - General Manager (GM) Hotel Grand Zuri Padang, Surni Yanti mengatakan, khusus di hotel banyak peluang untuk lulusan Bahasa Inggris Komunikasi Bisnis dan Profesional Politeknik Negeri Padang (PNP). Apalagi dilihat dari kompetisi lulusannya, yakni ada Jurnalis media berbahasa Inggris, communicator ini creative industry, hingga media social officer.

"Itu semuanya (kompetisi lulusan Bahasa Inggris Komunikasi Bisnis dan Profesional) dibutuhkan di hotel," kata Surni menjawab pertanyaan moderator terkait peluang kerja tamatan Program Studi (Prodi) Sarjana Terapan Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional saat Launching Prodi tersebut di PNP, kemaren.

Baca Juga : Disaksikan Inspektorat Jenderal Kemenperin RI, Politeknik ATI Padang Tandatangani Pakta Integritas

Dari 8 departemen yang ada, Surni menyebutkan, hanya ada 2 yang tidak membuka peluang untuk lulusan Bahasa Inggris. Malahan ada lulusan Bahasa Inggris yang menjadi seorang chef, intinya tergantung seseorang membangun sebuah komunikasi.

"Karena di luar negeri itu banyak makanan-makanan dengan kebiasaan orang asing makan apa, cara penyajiannya seperti apa, suasanan bagaimana. Dengan melihat itu, seseorang bisa terinspirasi untuk menjadi chef meski dia lulusan Bahasa Inggris," ujar Surni.

Baca Juga : Alur Pengambilan Toga Wisuda Politeknik Negeri Padang

Surni merinci, ada 8 departemen di hotel. Terdiri dari, front office, house keeping atau tata graha, food and beverage, service, food and beverage chicken, accounting, sales marketing, event resources, serta engineering.

"Mungkin hanya engineering yang belum saya ketemu lulusan Bahasa Inggris di sana, kalau chicken ada satu orang lulusan Bahasa Inggris," sebut Surni.

Baca Juga : Segera Daftar! Batas Pendaftaran Wisuda Politeknik Negeri Padang Berakhir Besok

Oleh karena itu, Surni menegaskan, bahwa peluang kerja bagi Prodi Bahasa Inggris sangat banyak. Lantaran, yang dibutuhkan di hotel adalah mereka pandai berkomunikasi, menggunakan body language-nya, menjual keahlian yang dipunya.

"Kemudian bisa menggunakan bahasa dengan baik, terus mereka yang bisa memanage intonasinya, pitch control-nya. Itu sangat terpakai di hotel. Karena yang dipakai di hotel itu keramahtamahan," ulas Surni.

Baca Juga : Nadiem Siapkan Rp 2,6 Triliun untuk Kuota Internet Tahun Ini

Surni menambahkan, semua persyaratan yang dibutuhkan di hotel telah dipenuhi Prodi Sarjana Terapan Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional. Kemudian di hotel juga dibutuhkan mereka yang bisa menterjemahkan sebuah event.

"Karena hotel kiblatnya ke barat, sementara literature kita melihat dari situ. Jadi mengelola sebuah kegiatan berstandar internasional butuh penerjemah bahasa," imbuh Surni.

Surni pun bercerita bahwa dia tidak pernah terbayang bisa bekerja di hotel. Walaupun dirinya tidak mempelajari seluk beluk hotel secara detail tapi dia bisa paham standar hotel di luar negeri.

"Kan berbeda orang yang belajar bahasa Inggris secara profesional dan otodidak. Di situ lah kelebihan orang-orang yang belajar bahasa Inggris secara profesional, jadi mindset-nya bisa link dengan kebutuhan kerja," tambah Surni. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]