Diklat 3 in 1 Batik Tulis Diharapkan Buka Peluang Usaha Baru di Pariaman


Jumat, 22 Januari 2021 - 21:48:09 WIB
Diklat 3 in 1 Batik Tulis Diharapkan Buka Peluang Usaha Baru di Pariaman Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit. Foto: Trisnaldi

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Diklat 3 in 1 Batik Tulis Angkatan IV di Gedung MDTA Desa Rambai Pariaman Selatan diharapkan membuka peluang usaha baru dibidang industri fashion di Kota Pariaman.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit, Jumat (22/1/2021).

Baca Juga : Keyakinan Konsumen terhadap Kondisi Ekonomi Mulai Membaik

"Diklat tersebut selain memberikan keterampilan membatik, diharapkan menumbuhkan usahawan baru dibidang ini dengan demikian terserap pula tenaga kerja nantinya," katanya.

Menurutnya, usaha fashion masih bagus dan tentu sesuai permintaan pasar. Agar pasar tidak kandas, upayakan menjangkau pasar dengan manfaatkan kemajuan IT selain konsensional.

Baca Juga : Aksi Sosial Menjelang HUT ke-59, Bank Nagari Bagikan 1.348 Paket Sembako

"Diklat dimulai Jumat dengan 60 peserta berusia 18 sampai 40 tahun umumnya dari kota pariaman. Kegiatan itu akan berakhir 8 Februari bulan depan, diikuti dengan uji kompetensi diakhir diklat," ujarnya.

Dijelaskannya, materi pelatihan melukis motif, mencanting dan pewarnaan. Fasilitas peserta selama pelatihan oleh Balai Diklat Industri (BDI) Padang.

Baca Juga : Harga Kebutuhan Pokok di Padang Naik, Cabai Merah Paling Pedas

"Diklat 3 in 1, artinya Dilatih, Disertifikasi dan Ditempatkan dan para peserta ini nantinya akan ditempatkan pada kelompok usaha yang mengirimnya ke pelatihan ini setelah selesai diklat," jelasnya.

Namun tentu diharapkan pula dapat tumbuh usahawan-usahawan baru di bidang ini sehingga industri kerajinan batik, di Kota Pariaman terus berkembang dan maju. Kelompok batik tulis sudah ada di kota ini, tinggal lagi pengembanganya.

Baca Juga : Bank Nagari Siapkan Dana Rp250 Miliar untuk Pulihkan Ekonomi

Kadis Perindagkop didampingi Kasi Pembinaan Pengembangan Industri Non Agro, Reni meminta, peserta diklat agar mengikutinya dengan sebaik-baiknya, sehingga apa yang menjadi target dapat dicapai. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]