Jembatan Putus Akibat Banjir, Warga Kampung Salak Jalamu Pessel Terisolasi


Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:23:50 WIB
Jembatan Putus Akibat Banjir, Warga Kampung Salak Jalamu Pessel Terisolasi Jembatan Putus Akibat Banjir

PESSEL, HARIANHALUAN.COM - Masyarakat Kampung Salak Jalamu, Nagari IV Koto Hilia, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) mengharapkan perbaikan jembatan yang putus akibat banjir bandang yang terjadi pada September 2020 lalu di kampung itu agar segera diperbaiki.

Harapan itu disampaikan, sebab jembatan gantung yang memiliki bentangan hingga mencapai 100 meter tersebut, merupakan urat nadi perekonomian masyarakat di nagari itu. Wali Nagari IV Koto Hilia Batang Kapas, Satria Darma Putra, menjelaskan ia juga telag melaporkan ke BPBD mengenai hal tersebut.

Baca Juga : Kabar Gembira, Program Peremajaan Sawit Rakyat di Kabupaten Dharmasraya Berlanjut 2021

"Putusnya jembatan gantung dengan bentangan mencapai 100 meter akibat banjir bandang pada September 2020 lalu ini, telah saya laporkan kepada pemerintah daerah melalui BPBD Pessel. Laporan itu juga telah dilanjutkan ke BPBD Sumbar," katanya dikutip dari portal resmi Pemkab Pessel, Sabtu (23/1/2021).

Dijelaskannya bahwa laporan itu sudah ditanggapi oleh BPBD Sumbar dan BNPB dengan menurunkan timnya ke lokasi tersebut. Ia melanjutkan, tim teknis dari BNPB pusat sudah turun dan meninjau langsung ke lokasi jembatan putus yang terdapat di Kampung Salak Jalamu tersebut pada November 2020 lalu.

Baca Juga : Gubernur Mahyeldi Pimpin Rakor Perencanaan Pembangunan Sumbar

BNPB berjanji akan melakukan perbaikan jembatan itu melalui dana pusat pada 2021 ini dengan panjang melebihi 100 meter. Namun tidak hanya sekedar bisa dilewati oleh kendaraan roda dua sebagaimana sebelumnya, melainkan juga oleh kendaraan roda empat seperti mobil. Dia berharap dengan dibangunnya jembatan itu nanti, perekonomian masyarakat yang banyak bertopang pada sektor pertanian, seperti padi, sawit, gambir, dan karet benar-benar kembali menggeliat.

"Dari itu saya mengimbau kepada masyarakat agar tetap sabar, yang tentunya juga berharap jembatan itu nanti benar-benar berkualitas dan jauh lebih baik dari sebelumnya," timpal Satria berharap.(*)

Baca Juga : HIPMI Sumbar Dorong Pemda Percepat Tuntaskan Pembebasan Lahan Jalan Tol Padang-Pekanbaru

 

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Heldi Satria | Sumber : berita.pesisirselatankab.go.id
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]