Asyiknya Wisata di Moosa Edufarm: Mengenal Sapi Wagyu Penghasil Daging Termahal di Dunia


Sabtu, 23 Januari 2021 - 09:19:48 WIB
Asyiknya Wisata di Moosa Edufarm: Mengenal Sapi Wagyu Penghasil Daging Termahal di Dunia Salah satu pengunjung memberi pedet (anak sapi) susu

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sumatra Barat dikenal dengan banyaknya objek wisata menarik dan indah untuk dikunjungi. Keindahan alamnya tidak diragukan lagi. Tapi kali ini harianhaluan.com mengajak pembaca berwisata sambil belajar. Ini pasti seru, apalagi bagi yang punya anak kecil. 

Kita kali ini akan melihat peternakan sapi. Melihat sapi adalah hal yang biasa, karena sapi banyak dijumpai dimanapun di Ranah Minang ini. Tapi ini sapinya beda, sapi Wagyu dan Friesian Holstein (FH). Dua jenis sapi tersebut ada di Moosa Edufarm yang beralamat di Rawang Lubuk Selasih, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok. Tempatnya tidak jauh dari simpang Lubuk Selasih, belok kanan ke arah Alahan Panjang.

Baca Juga : Dampak Pandemi Covid-19, Hanya Seorang Wisman Kunjungi Riau

Moosa edufarm menyediakan dua paket wisata. Paket 1 dengan tiket masuk Rp 15 ribu, kunjungan ke kandang pedet (anak sapi), kunjungan ke kandang sapi dan foto-foto. Sedangkan paket 2 dengan tiket masuk Rp35 ribu, kunjungan ke kandang pedet, kunjungan ke kandang sapi dan memerah susu sapi, memberi susu pedet, kunjungan ke kandang kelinci, memetik buah stroberi dan tentu saja foto-foto. 

Jangan cemas, saat berkeliling kita akan didampingi satu staf edufarm. Selain memandu tempat mana saja yang akan dikunjungi, pendamping tadi juga menjelaskan apapun yang akan kita tanyakan. Beruntung harianhaluan.com didampingi Staf Moosa Edufarm Tika Destilazarah dan Cindi mahasiswa Universitas Andalas jurusan Teknik Pertanian dan Biosistem yang sedang magang di sana.

Baca Juga : Grand Launching COE Pariaman Festival 2021 Dihelat di Pekanbaru

Menurut Tika, sapi wagyu adalah jenis sapi potong yang diambil dagingnya. Nama Wagyu sendiri berasal dari Jepang dengan kata “Wa” berarti Negara Jepang sementara kata “Gyu” dapat diartikan sebagai sapi. Maka, wagyu bisa diartikan sebagai daging sapi yang berasal dari Jepang. Daging sapi wagyu terkenal paling enak dan mahal di dunia. 

"Per kilo bisa berkisar Rp1 juta sampai Rp2 juta, tergantung kualitas dagingnya. Sapi wagyu untuk memenuhi permintaan daging sapi premium. Namun, kita belum pernah menjual, karena baru mulai membibitkan. Paling besar itu usianya baru 8 bulan," kata Tika. 

Baca Juga : Leonardy Harmainy: Pariwisata Sumbar Butuh Kepedulian Semua Elemen

Di Moosa Edufarm, pembibitan sapi wagyu dilakukan dengan cara transfer embrio. Embrio ini berasal dari betina sapi wagyu hasil sapi tabung dan semen beku pure sapi wagyu. Embrionya ditransfer ke sapi FH yang ada di Moosa Edufarm. 

"Sejauh ini pedet wagyu jadi primadona anak-anak. Karena mereka bisa memberi susu ke pedet secara langsung, pedet wagyu lebih jinak," katanya. 

Baca Juga : Emersia Water Park Siap Ramaikan Pariwisata Tanah Datar

Memerah susu sapiSelain memberi susu pedet, hal paling disukai lainnya adalah memerah susu sapi. Saat memerah sapi, anak-anak akan berkenalan dengan sapi jenis Friesian Holstein. Sapi dengan  warna putih hitam dan tubuh besar. Pendamping akan mengajarkan cara memerah susu. Dan jangan takut, sapi berada dalam kandang khusus sehingga kita yang memerah susu sapi tidak perlu khawatir ditendang sapi. 

Menurut Tika, luas Moosa Edufarm sekitar 14 hektar. Terdiri dari kandang sapi (saat ini jumlah sapi sekitar 55 ekor termasuk pedet), laboratorium, pasteurisasi, pabrik pembuatan teh hijau dan teh hitam, villa yang bisa disewa dan mess karyawan. 

"Kita belum jual susu sapi untuk umum. Masih untuk masyarakat yang datang ke sini, baik untuk wisata maupun yang khusus untuk beli susu saja," katanya.

Bagi yang suka foto-foto, disediakan tempat di sekitar villa dengan pemandangan langsung Gunung Talang dan hijaunya kebun teh. Jalan menuju villa dipenuhi kebun stroberi yang bisa dipetik dan tidak dikenakan biaya.   

Jadi tunggu apalagi, mumpung akhir pekan ayo bersiap ke Moosa Edufarm. Wisata sambil belajar. Selamat berlibur dan jangan lupa bahagia. (*)
  

Reporter : Rahma Nurjana | Editor : Rahma Nurjana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]