Polisi Sita 49 Batang Kayu Balok Diduga Hasil Ilegal Logging


Sabtu, 23 Januari 2021 - 15:21:36 WIB
Polisi Sita 49 Batang Kayu Balok Diduga Hasil Ilegal Logging Pihak kepolisian dilokasi kayu temuan, yang diduga hasil ilegal loging. (Foto :Ist )

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Petugas Kepolisian Sektor Pulau Punjung yang merupakan jajaran Kepolisian Resor Dharmasraya, Sumatera Barat, menyita sebanyak 49 batang kayu balok diduga hasil penebangan liar atau ilegal logging di areal Hutan Konsesi PT Bukit Raya Modisa (BRM) kawasan Nagari IV Koto Dibawah, Kecamatan IX Koto. 

Kapolres Dharmasraya AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah SIK MT, melalui Kapolsek Pulau Punjung, Iptu Syafrinaldi, Sabtu ( 23/01/2021), mengatakan kayu-kayu tersebut ditemukan pada Jum'at (22/01), sekira pukul 11.00.WIB.

Baca Juga : Masyarakat Campago Selatan Padang Pariaman Berharap Leonardy Fasilitasi Pengembangan Perekonomian

"Penyitaan tersebut bermula pada Kamis (21/1) sekira pukul 00.15 WIB, petugas security perusahaan tersebut menemukan barang bukti itu saat melaksanakan patroli wilayah seputaran hutan konsesi yang dikelola perusahaannya, " ungkap Syafrinaldi. 

Kemudian, lanjutnya, petugas security melaporkan kejadian tersebut ke pimpinan perusahaan PT. BRM untuk selanjutnya melaporkan temuan tersebut ke pihak Kepolisian Resor Dharmasraya dan sektor Pulau Punjung. 

Baca Juga : Usai Dilantik, Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman Gelar Silaturahmi

Mendapatkan laporan tersebut petugas Polsek Pulau Punjung langsung mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP), dan langsung melakukan penyitaan terhadap barang bukti yang tidak diketahui siapa pemiliknya. 

"Guna kepentingan penyidikan lebih lanjut petugas sudah mengangkut barang bukti berupa delapan batang kayu untuk diamankan di Mapolres Dharmasraya, dan memasang tanda penyegelan berupa pemasangan garis polisi terhadap barang bukti yang belum diangkut, " jelasnya.

Baca Juga : Leonardy Harmainy: Pariwisata Jika Dikelola dengan Baik akan Memberikan Keuntungan

Karena pemilik kayu belum diketahui, lanjutnya maka pihak PT BRM ditetapkan selaku pelapor sekaligus sebagai saksi atas temuan kayu itu yang diwakili oleh Angga Saputra (33) selaku humas perusahaan tersebut, Jondri Lubid (39) dan Riyan Hidayat (32) selaku security. 

Menurutnya, lokasi kayu temuan yang berada sangat jauh dari jalan poros dan kondisi jalan pun kurang mendukung, cukup menyulitkan untuk mengangkut kayu temuan tersebut. 

Baca Juga : Dishub Kabupaten Pessel: Odong Odong Agar Tidak Beroperasi di Jalan Utama

"Di hari pertama ditemukan, sudah diangkut 8 batang, dan hari ini, Sabtu (23/1) dilanjutkan pengangkutan sisa kayu temuan itu," tutupnya. (*)
 

Reporter : Rully Firmansyah | Editor : Rahma Nurjana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]