Amazing! Inilah 'The Power of Emak-emak' dari Pariaman yang Bikin Takjub


Sabtu, 23 Januari 2021 - 16:29:26 WIB
Amazing! Inilah 'The Power of Emak-emak' dari Pariaman yang Bikin Takjub Tangkapan layar video seorang emak-emak yang sedang membawa 'jamba' di atas kepalanya sambil mengendarai motor.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Di media sosial beredar sebuah video seorang emak-emak yang sedang membawa 'jamba' di atas kepalanya. Uniknya, emak-emak tersebut membawa beban di atas kepalanya sambil mengendarai sepeda motor.

Video berdurasi lebih kurang 68 detik itu memperlihatkan seorang emak-emak berpakaian berwarna hijau tosca sambil membawa beban di kepalanya. Kekuatan tersebut terbilang unik dan tentu saja tidak bisa dilakukan oleh kaum laki-laki.

Baca Juga : Helat Musrenbang, Bupati Benny Prioritaskan Pembangunan yang Jadi Kebutuhan Masyarakat

Jamba pada tradisi Minangkabau merupakan tempat yang digunakan untuk membawa makanan. Jamba berisi nasi, kemudian lauk-pauk seperti ikan, ayam, rendang, dan makanan pelengkap lainnya. Nantinya, makanan tersebut ditutup menggunakan tudung saji yang terbuat dari kulit bambu dan ditutup dengan dalamak atau kain yang disulam menggunakan benang emas.

Tradisi jamba biasanya dihidangkan saat pelaksanaan acara adat ataupun agama. Seperti acara pengangkatan penghulu, acara maulid nabi, acara tahlilan kematian 3 hari sampai 100 hari, acara mendoa di setiap surau, dan lain-lain. Makanan di jamba tersebut yang menyediakan bukan tuan rumah melainkan masyarakat lingkungan sekitar kepada yang punya acara.

Baca Juga : Tolak KLB, DPC Partai Demokrat Pasaman Tegaskan Tetap Setia ke AHY

Sontak saja, video tersebut viral dan banyak diforward netizen ke berbagai platfrom media sosialnya. Perekam pada video tersebut mengatakan tanpa bantuan tangan, emak-emak itu bisa membawa jamba yang berukuran besar tersebut.

"Mambaok jamba pakai onda bisa dijujuang. (Membawa jamba menggunakan sepeda motor bisa diletakan di atas kepala)," pada video tersebut.(*)

Baca Juga : Tahun Ini, Solsel Dapatkan Perbaikan Jalan Bukit Manggiu Sebesar Rp6 Miliar

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Rahma Nurjana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]