Tak Ada Gugatan Hasil Pilkada, KPU Tetapkan Zul Elfian Sebagai Walikota Solok


Sabtu, 23 Januari 2021 - 16:57:53 WIB
Tak Ada Gugatan Hasil Pilkada, KPU Tetapkan Zul Elfian Sebagai Walikota Solok Ketua KPU Kota Solok Asraf Dhanil memberi keterangan pers Sabtu( 23/1). (Foto : Alfian)

SOLOK, HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kota Solok menetapkan H. Zul Elfian, SH, M.Si/DR Ramadhani Kirana Putra, SE, MM sebagai pasangan terpilih Walikota/ Wakil Walikota Solok, Sabtu (23/1/2021).

Penetapan pasangan Zul Elfian/ Ramadhani Kirana Putra oleh KPU Kota Solok karena sampai saat ini tidak ada gugatan hasil Pilkada Kota Solok ke Mahkamah Konstitusi ( MK). 

Baca Juga : Sidang Pembuktian Gugatan Pilgub Kabupaten Solok Selesai, Diputuskan pada Maret

"Kami KPU Kota Solok sesuai surat edararan dari MK melalui KPU RI sudah bisa menetapkan pasangan terpilih," ujar Ketua KPU Kota Solok Asraf Dhanil dalam konferensi pers, Sabtu sore( 23/1/2021).

Menurut Asraf Dhanil dan komisioner KPU Kota Solok lainnya, selama proses tahapan Pilkada Kota Solok berjalan aman dan lancar sampai penghitungan suara dan penetapan hari ini. Tidak ada gejolak dan masalah.

Baca Juga : Pelantikan Kepala Daerah, Segeralah Tunaikan Janji-janji Politik!

Ini suatu bukti bahwa hasil Pilkada Kota Solok diterima semua pihak, baik pendukung pasangan, calon lainnya dan partai pendukung. Lagi pula Pilkada Kota Solok bukan lagi Pilkada badunsanak, melainkan jauh dari itu sudah keluarga karena ada hubungan keluarga sesama calon.

Suatu hal yang sangat mengembirakan lanjut Asraf Dhanil, disaat negara sedang dilanda wabah Covid- 19, ternyata partisipasi pemilih di Kota Solok malah meningkat dibanding pemilu legislatif maupun Pilkada 5 tahun lalu.

Baca Juga : Sutan Riska, Bupati Dharmasraya Termuda dan Juga Seorang Raja

Pada Pilkada 2010, partisipasi pemilih hanya 68,06 parsen,  tahun 2015  70,53 parsen dan 2020 naik menjadi 76,78 parsen. Ini menunjukan kesadaran politik dan penggunaan hak suara bagi wajib pilih makin membaik.

"Kita perlu bersyukur dan memberi apresiasi pada seluruh masyarakat, calon walikota/wakil walikota dan partai pendukung serta kalangan media yang gencar melakukan promosi dan ajakan pada masyarakat agar mendatangi Tempat Pemungutan Suara ( TPS) pada 9 Desember untuk menggunakan hak suaranya, papar Asraf Dhanil. (*) .

Baca Juga : Sertijab Gubernur, Mahyeldi: Pembangunan Sumbar Penuh Tantangan, OPD Harus Pakai Gigi 2

Reporter : Alfian | Editor : Rahma Nurjana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]