BMKG Ingatkan Potensi Angin Kencang di Samudera Hindia Barat Bengkulu


Ahad, 24 Januari 2021 - 09:15:34 WIB
BMKG Ingatkan Potensi Angin Kencang di Samudera Hindia Barat Bengkulu Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Teluk Bayur mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi hari ini di Sumatera Barat (Sumbar). Berlaku mulai Minggu (24/1/2021), waspada angin kencang dengan 15-20 knots di wilayah Samudera Hindia Barat Bengkulu.

Mengutip laman BMKG, potensi gelombang dengan ketinggian 0.25 - 1.00 meter berpeluang terjadi di wilayah Perairan Barat Sumatera Barat, dan Perairan Timur Kepulauan Mentawai.

Baca Juga : Masyarakat Campago Selatan Padang Pariaman Berharap Leonardy Fasilitasi Pengembangan Perekonomian

Perlu juga mewaspadai potensi gelombang dengan ketinggian 1.00 - 2.00 meter berpeluang terjadi di wilayah Perairan Utara Siberut, Perairan Barat Kepulauan Mentawai, Perairan Bengkulu, dan Perairan Timur Enggano.

Begitu juga potensi gelombang dengan ketinggian 1.50 - 3.50 meter berpeluang terjadi di wilayah Samudera Hindia Barat Kepulauan Mentawai dan Samudera Hindia Barat Bengkulu.

Baca Juga : Usai Dilantik, Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman Gelar Silaturahmi

"Waspada potensi angin dengan kecepatan mencapai 15-25 knots di wilayah Samudera Hindia Barat Bengkulu," imbau BMKG.

Untuk prakiraan pasang surut Teluk Bayur, Minggu (24/1/2021), masyarakat diminta waspada pasang dengan ketinggian 1.0 meter berlaku pukul 15.00 WIB. Diprediksi juga surut dengan ketinggian 0.5 meter pada pukul 07.00 WIB.

Baca Juga : Leonardy Harmainy: Pariwisata Jika Dikelola dengan Baik akan Memberikan Keuntungan

"Harap diperhatikan resiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran adalah untuk perahu nelayan waspadai ketinggian gelombang lebih dari 1.26 meter dan kecepatan angin lebih dari 15 knots," kata BMKG.

Untuk kapal tongkang waspadai ketinggian gelombang lebih dari 1.50 meter dengan kecepatan angin lebih dari 15 knots.

Baca Juga : Dishub Kabupaten Pessel: Odong Odong Agar Tidak Beroperasi di Jalan Utama

Sementara untuk kapal ferry waspadai ketinggian gelombang lebih dari 2.50 meter dengan kecepatan angin lebih dari 21 knots. Terakhir apal ukuran besar (kargo/pesiar) waspadai ketinggian gelombang lebih dari 4.00 meter dengan kecepatan angin lebih dari 27 knots. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Rahma Nurjana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]