Ini 5 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan Dunia Kerja


Ahad, 24 Januari 2021 - 13:26:01 WIB
Ini 5 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan Dunia Kerja Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Memilih jurusan kuliah bukanlah perkara yang mudah. Dapat dikatakan bahwa menentukan jurusan kuliah sangat penting. Hal itu terkait  nanti ke depannya akan memilih pekerjaan di bidang apa.

Jadi menentukan jurusan kuliah akan sangat mempengaruhi kehidupan yang akan dijalani  kelak. Tapi bagaimana jika masalah terbesarnya adalah belum tahu jurusan kuliah paling dibutuhkan di dunia kerja saat ini? Berikut 5 jurusan kuliah paling dibutuhkan dunia kerja.

Baca Juga : Wikan Sakarinto: Utamakan Passion Anak, Jangan Persoalkan S1 dan D4

1. Teknologi Informasi

Kuliah pada jurusan Teknologi Informasi mempunyai beberapa kesamaan dengan jurusan Teknik Informatika. Bedanya, Teknologi Informasi fokus pada pengembangan produk teknologi. Jika salah satu keinginanmu menjadi software engineer, jurusan Teknologi Informasi jadi pilihan tepat buat kamu. 

Baca Juga : Sepekan Pembelajaran Tatap Muka di Palalawan, Dikbud: Aman

Jurusan ini menjadi jurusan kuliah paling dibutuhkan dunia kerja karena bidangnya menjadi kunci perkembangan teknologi yang tentunya akan memberi dampak pada aspek lainnya.

2. Teknik Elektro

Baca Juga : BPSDMI Dukung Politeknik ATI Padang Raih Predikat WBBM Tahun 2021

Menjadi seorang ahli robotik juga dapat berawal dengan memilih kuliah di jurusan ini. Selain bidang mekatronika, lulusan Teknik elektro juga dapat berkarir di bidang telekomunikasi. Ingin bekerja di perusahaan pembangkit listrik? Tentu bisa! Jurusan ini merupakan jurusan paling dibutuhkan dunia kerja nantinya.

3. Akuntansi

Baca Juga : Rekrut Calon Anggota Paskibra, Disdikpora Kota Pariaman Roadshow ke SMA/SMK

Untuk menjaga keuangan perusahaan, lulusan akuntansi sangat berperan penting. Selama instansi dan perusahaan ada, lulusan akuntansi akan selalu menjadi jurusan kuliah paling dibutuhkan dunia kerja. 

Lulusan akuntansi juga memiliki pilihan profesi yang cukup luas. Lulusannya dapat berkiprah sebagai pegawai bank, konsultan pajak hingga auditor.

4. Sastra Inggris

Mungkin masih banyak orang yang tidak menduga bahwa jurusan Sastra Inggris ini sangat menjanjikan dari variasi-variasi jurusan kuliah di Indonesia dan menjadi jurusan kuliah paling dibutuhkan di dunia kerja. Sayangnya, banyak yang belum sadar hingga jurusan yang satu ini masih betul-betul sedikit peminatnya.

Sedangkan jurusan Sastra Inggris mempunyai beberapa profesi dengan nilai tinggi, terutama sebagai penerjemah yang memiliki gaji cukup menarik. Kecuali menjadi ahli penerjemah, para lulusan jurusan ini bahkan dapat berkarir sebagai guru maupun dosen di sebuah Universitas.

5. Manajemen

Bagi kamu yang berniat untuk memilih kuliah jurusan Manajemen, harus diketahui selain manajemen menjadi jurusan kuliah paling dicari di dunia kerja,manajemen juga memiliki kesempatan kerja yang luas.

Jurusan Manajemen pada umumnya dapat dengan mudah diterima untuk bekerja di lembaga pemerintahan maupun berbagai  perusahaan swasta nasional dan internasionala, maupun BUMN. Sebab hampir semua perusahaan akan membutuhkan ahli manajemen di dalam operasionalnya. Penghasilan lulusan manajemen juga sangat menjanjikan, terutama bagi yang nantinya berkarir di perusahaan besar dan ternama.

Kepala Marketing and Communication (Marcom) kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI), Achmad Baroqah Pohan menyebutkan bahwa kelima jurusan paling dicari di dunia kerja tersedia di kampus UBSI.

“Bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah dengan memilih jurusan Teknologi Informasi (S1) dan Manajemen (S1) dapat mendaftar pada penerimaan mahasiswa baru yang telah memasuki gelombang ketiga sejak 6 Januari 2021 hingga 2 Februari 2021 untuk mulai kuliah Maret 2021 dan bagi yang memilih ingin kuliah kelas regular atau kelas karyawan,” tutur Achmad, dilansir dari Republika, Kamis (21/1) lalu.

Ia menambahkan, sedangkan bagi yang berminat untuk memilih jurusan Teknik Elektro, Akuntansi dan Sastra Inggris dapat memulai kuliah pada September 2021 di kampus UBSI.

“Kampus UBSI sebagai kampus yang selalu up to date tentang perkembangan teknologi menerapkan pembayaran kuliah secara host to host dan akurat melalui Bank BCA, Permata  dan Mandiri, Indomaret, Alfamart dan Pintek. Jadi Kampus UBSI bisa jadi pilihan kamu untuk memilih jurusan kuliah paling dibutuhkan dunia kerja nantinya, jangan ragu untuk, Kuliah BSI Aja,” tandasnya. (*)

Editor : Heldi Satria | Sumber : Republika
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]