IMC Sumbar Gelar on Site Training Mapping Using Drone di Padang


Ahad, 24 Januari 2021 - 14:50:39 WIB
IMC Sumbar Gelar on Site Training Mapping Using Drone di Padang Peserta kegiatan Onsite Training Mapping Using Drone saat berada di lapangan untuk memetakan objek strategis di Sumatera Barat dengan menggunakan drone. (ist)

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Indonesia Mapping Comunity (IMC) Sumatera Barat bekerja sama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera dan beberapa Perguruan Tinggi di Sumatera Barat mengelar kegiatan “Onsite Training Mapping Using Drone” yang dilaksanakan selama 4 (empat) hari secara marathon di Kota Padang pada tanggal 18 s/d 21 Januari 2021. 

Sumatera Barat yang mendapat alokasi ke 2 (dua) setelah Kota Medan yang diikuti Peserta training berasal dari beberapa Provinsi di pulau Sumatera dengan jumlah 119 orang yang terdiri dari 43 orang Mahasiswa, 37 orang ASN, 3 orang AURI, 10 orang Fresh Graduate, 7 orang Karyawan, 2 orang Guru Dosen dan 8 orang Bakti Rimbawan. Dengan peserta yang berhasil lulus sebanyak 114 orang, sementara Peserta yang tidak lulus sebanyak 5 orang disebabkan karena yang bersangkutan tidak bisa hadir dan mengundurkan diri karena ada urusan keluarga dan kantor.

Baca Juga : Angka Kemiskinan di Sumbar Naik, DPRD Sarankan Begini

Kegiatan dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19, dan dihadiri oleh beberapa stake holder via aplikasi zoom seperti Direktur Operasi Airnav Indonesia Mokhammad Khatim, Direktorat Navigasi Penerbangan Iyan Andri dan Ketua APDI (Asosiasi Pilot Drone Indonesia) Dr. M. Marwan Akbar serta Rektor UMSB Dr. Riki Saputra, MA serta Katopdam 1 Bukit  Barisan Kolonel Sutrisman. dan yang hadir langsung yakni Komandan Lanud Sutan Sjahrir Kolonel Pnb M.R.Y. Fahlefie, S.Sos, psc, Kepala Dinas Kehutanan Povinsi Sumatera Barat Yozawardi UP, S.Hut, M.Si, Pembantu Rektor III Unand Ir. Insanul Kamil, Ph.D, IPM, ASEAN Eng.

Dr. Hikmat Ramdan, S.Hut, M.Si, IPU sebagai pendiri dan Pembina IMC dalam kesempatan itu mengatakan, teknologi drone adalah keniscayaan era revolusi industri 4.0 di berbagai sektor pembangunan, diantaranya drone untuk pemetaan (mapping). Untuk itu IMC mendedikasikan diri untuk mendekatkan aplikasi teknologi ini langsung ke masyarakat di berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga : Soal Pemberhentian Jalan Tol Padang-Pekanbaru, Begini Tanggapan LKAAM Sumbar

“Melalui Onsite Training Mapping Using Drone ini akan dihasilkan personil-personil yang handal, unggul dan beretika bidang pemetaan dengan drone. Diharapkan dengan kemampuan mapping using drone membantu masyarakat dan pemda dalam mendapatkan data dan informasi geospasial yang updated, detil dan cepat," ujarnya kepada wartawan, Minggu (24/1). 

Sementara, Ketua Umum Indonesia Mapping Comunity (IMC) Zulfikar Mardiyadi, S.Hut, M.Si menyampaikan Kegiatan tersebut diinisiasi oleh IMC sebagai bentuk pengabdian sederhana terhadap bangsa dan negeri Indonesia tercinta.  
Hasil dari pelatihan ini diharapkan dapat menciptakan kader-kader pemetaan di Sumatera Barat yang dapat turun langsung membantu pemetaan skala detail di tingkat tapak/desa/nagari.

Baca Juga : Pekan Ini, Dokumen Lelang Proyek DAK Pariaman Rp15 Miliar Masuk UKPBJ

“Dengan adanya informasi spasial skala detail, diharapkan desa/nagari dapat melakukan perencanaan pembangunan juga dengan detail sehingga sasaran dan tujuan pembangunan benar-benar bisa terukur,” ucapnya.(*)

 

Baca Juga : Wakil Bupati Pessel Buka Grand Final Pemilihan Duta GenRe 2021

Reporter : Ogi Sunandar | Editor : Heldi Satria
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]