Ternyata! Batubara yang Terbakar di Teluk Bayur Adalah Bahan Bakar Pengolahan CPO


Ahad, 24 Januari 2021 - 18:30:02 WIB
Ternyata! Batubara yang Terbakar di Teluk Bayur Adalah Bahan Bakar Pengolahan CPO Kebakaran yang terjadi di kawasan Teluk Bayur. (Pelindo II)

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Peristiwa kebakaran yang terjadi di kawasan Teluk Bayur, Padang, Minggu (24/1/2021) ternyata disebabkan oleh terbakarnya tumpukan batubara yang digunakan sebagai bahan bakar minyak sawit atau CPO (Clude Palm Oil). Tumpukan batubara tersebut berada di area pabrik Apical Group yang membawahi PT PRC (Padang Raya Cakrawala).

Perusahaan ini merupakan salah satu eksportir minyak sawit terbesar di Indonesia. "Kebakaram itu ada area pabrik Apical. Itu adalah tempat untuk menumbuk batubara yang digunakan sebagai bahan bakar," kata Deputi General Manager Komersial PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II, Hendri Adolf ketika dihubungi wartawan.

Baca Juga : Astaga! Ada Masalah, Pilot Matikan Mesin Boeing 737 MAX Saat Mengudara

Pihak Pelindo II pun memastikan peralatannya aman karena tidak ikut terbakar, begitu juga dengan aktivitas di lokasi tersebut yang sudah kembali berjalan normal. Kebakaran batubara itu dipicu lantaran suhu cuaca yang cukup panas. "Mungkin Karena cuaca panas kayak gini, batu bara maupun cangkang itu kan enggak tahan panas. Karena suhu panas, batu bara kan mudah terbakar," tambah Staf Humas PT Pelindo II, Budi Suprianto. 

Sejauh ini, belum bisa dipastikan total material batubara yang terbakar, juga kerugian yang diderita. "Banyaknya kita belum bisa memastikan, tapi ini tidak mempengaruhi produksi. Masih ada kapal yang jalan, saya konfirmasi di bongkar muat juga masih jalan," sebutnya.

Baca Juga : Kapolres Inhu Jebloskan Ratusan Tersangka Narkoba ke Penjara

Sementara itu, Kabid Damkar Kota Padang, Basril mengatakan, timnya mendapat laporan kebakaran tersebut sekitar pukul 15.21 WIB dan berhasil menangani kebakaran tersebut pada pukul 16.45 WIB. "Tim kita berhasil menjinakkan api dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, hanya kerugian materil saja," jelas Basril. (*) 

Reporter : Agoes Embun | Editor : Agoes Embun
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 06 Maret 2021 - 10:39:05 WIB

    Astaga! Ada Masalah, Pilot Matikan Mesin Boeing 737 MAX Saat Mengudara

    Astaga! Ada Masalah, Pilot Matikan Mesin Boeing 737 MAX Saat Mengudara Sebuah pesawat Boeing 737 MAX milik maskapai American Airlines berhasil mendarat dengan selamat setelah pilot mematikan satu mesin selama penerbangan. Pesawat tersebut mendarat di Newark, New Jersey, Amerika Serikat pada hari.
  • Jumat, 05 Maret 2021 - 23:33:05 WIB

    Kapolres Inhu Jebloskan Ratusan Tersangka Narkoba ke Penjara

    Kapolres Inhu Jebloskan Ratusan Tersangka Narkoba ke Penjara Setidaknya sudah 319 tersangka kasus narkoba di Kabupaten Inhu, Provinsi Riau  diringkus dan meringkuk dibalik jeruji besi semenjak jabatan  Kapolres Inhu dipangku oleh AKBP Efrizal S.I.K, hingga sekarang..
  • Jumat, 05 Maret 2021 - 22:47:16 WIB

    Ada Truk CPO Terperosok, Jalan Lintas Kinali-Padang Macet

    Ada Truk CPO Terperosok, Jalan Lintas Kinali-Padang Macet Satu unit truk tangki pembawa CPO terperosok di bagian pangkal jembatan darurat Pinaga Sungai Paku. Kejadian tersebut mengakibatkan terjadinya kemacetan panjang di Jalan Lintas Kinali-Padang, Kabupaten Pasaman Barat, Jumat (5.
  • Jumat, 05 Maret 2021 - 22:33:45 WIB

    Musibah di Jumat Petang, Empat Rumah Hangus Terbakar

    Musibah di Jumat Petang, Empat Rumah Hangus Terbakar Empat rumah berkonstruksi permanen,  terbakar dengan cepat, Jumat (5/3/21) petang. Dalam musibah  tidak ada korban jiwa..
  • Jumat, 05 Maret 2021 - 22:26:05 WIB

    Dua Orang Hilang Terseret Ombak di Perairan Pesisir Selatan

    Dua Orang Hilang Terseret Ombak di Perairan Pesisir Selatan Dua orang dilaporkan hilang terseret ombak di perairan pesisir pantai, Nagari Lakitan, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Jumat (5/3/2021) sekitar pukul 17.00 WIB. Mendapat laporan, tim dari Kantor Pencarian dan .
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]