Jangan Diabaikan, Berikut Sederet Penyebab Telinga Sering Berdengung


Ahad, 24 Januari 2021 - 20:43:08 WIB
Jangan Diabaikan, Berikut Sederet Penyebab Telinga Sering Berdengung Ilustrasi telinga berdengung

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Apakah telinga Anda sering tiba-tiba berdengung? Jangan diabaikan. Baiknya segera dicek dan dicari penyebabnya.

Penyebab telinga berdengung dijelaskan oleh dr. Edo Wira Candra, Sp.THT-KL, M.Kes, FICS yang merupakan Dokter Spesialis Telinga, Hidung, Tenggorok, Bedah Kepala dan Leher yang berpraktik di RS Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Baca Juga : Pemprov Riau Mulai Vaksinasi Pedagang Pasar pada 1 Maret 2021

Dikutip dari VIVA.co.id, dr. Edo mengatakan banyak penyebab yang membuat telinga kita berdengung. Sebelum mengobatinya, harus dicari faktor risiko penyebab dengungan tersebut. dr.Edo mengatakan, salah satu penyebabnya adalah penumpukan kotoran. 

Kotoran yang menumpuk di dalam telinga bisa menimbulkan sensasi seperti pengang atau kadang terasa berdengung.Jika penyebabnya adalah penumpukan kotoran di dalam telinga, maka cara mengatasinya adalah dengan membersihkan telinga di dokter THT. 

Baca Juga : Jangan Panik! Ini Cara Menangani Orang Pingsan

Penyebab dengungan lainnya adalah kondisi fisik tertentu, seperti sedang pilek. Bisa juga karena ada peradangan di area hidung atau nasofaring atau tenggorok. Area tersebut adalah saluran tuba estasius atau drainase dari telinga menuju ke hidung belakang.

Kadang terjadi peradangan pada area tersebut sehingga menimbulkan sumbatan. Sumbatan yang terjadi berdampak terjadinya dengungan di dalam kepala, karena menimbulkan rasa pengang.

Baca Juga : Pandemi Covid-19 di Batam Melandai, 53 Sekolah Boleh Belajar Tatap Muka

Dari rasa pengan itu bisa timbul suara seperti bergemuruh, atau kadang-kadang berbunyi sesuai dengan detak jantung. Gangguan pendengaran juga bisa menjadi penyebab lainnya. Misalnya salah satu telinga kita turun pendengarannya karena berbagai faktor, sedangkan telinga  yang sisi lainnya masih normal.

Selisih yang terjadi antara telinga yang normal dan turun ternyata bisa menimbulkan telinga berdengung. Telinga berdengung ternyata juga bisa terjadi juga karena obat-obatan misal aspirin, antibiotik, juga obat-obatan anti kecemasan (antidepresan).

Baca Juga : Bandel Amat Sih! Mesin Cuci tak Hilangkan Virus Covid-19 di Baju Nakes

Obat-obatan itu bisa menimbulkan efek samping pada penggunanya, salah satunya telinga berdengung. Namun kondisi ini tak selalu terjadi pada yang lain. Vertigo juga bisa menjadi penyebab berdengungnya telinga. 

Tapi agar bisa mendapatkan penjelasan pasti mengapa terjadi dengungan di telinga, maka kamu bisa berkonsultasi dengan dokter THHT untuk mengetahui apa penyebab pastinya. Dokter bisa melakukan audio metri untuk mengetahui ambang dengar dari masing-masing telinga. 

Jika kondisi dengungan tak juga hilang dan cenderung menetap, lalu menimbulkan gejala lain seperti pusing, telinga yang terasa penuh, maka dokter bisa merekomendasikan untuk dilakukan tindakan MRI untuk mengetahui apa penyebabnya. (*)

Editor : Milna Miana | Sumber : Viva.co.id
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 26 Februari 2021 - 21:49:44 WIB

    Pemprov Riau Mulai Vaksinasi Pedagang Pasar pada 1 Maret 2021

    Pemprov Riau Mulai Vaksinasi Pedagang Pasar pada 1 Maret 2021 Pemerintah Provinsi Riau, akan memulai vaksinasi covid-19 pada 1 Maret 2021. Sasaran yang akan divaksin dihari pertama mencapai 1.500 orang, terdiri dari  ASN, Tenaga pendidik, pedagang pasar, pejabat negara, keamanan, atle.
  • Jumat, 26 Februari 2021 - 20:53:29 WIB

    Jangan Panik! Ini Cara Menangani Orang Pingsan

    Jangan Panik! Ini Cara Menangani Orang Pingsan Pingsan adalah kondisi saat tubuh kehilangan kesadaran karena otak kekurangan pasokan darah atau oksigen. Masalah kesehatan ini biasanya selama beberapa detik hingga menit..
  • Jumat, 26 Februari 2021 - 20:47:25 WIB

    Pandemi Covid-19 di Batam Melandai, 53 Sekolah Boleh Belajar Tatap Muka

    Pandemi Covid-19 di Batam Melandai, 53 Sekolah Boleh Belajar Tatap Muka Menyusul kian melandainya pandemi Covid-19, sebanyak 53 sekolah tingkat SMP di Kota Batam sudah dibolehkan oleh Dinas Pendidikan Kota Batam untuk melaksanakan belajar tatap muka..
  • Jumat, 26 Februari 2021 - 13:20:51 WIB

    Bandel Amat Sih! Mesin Cuci tak Hilangkan Virus Covid-19 di Baju Nakes

    Bandel Amat Sih! Mesin Cuci tak Hilangkan Virus Covid-19 di Baju Nakes Virus penyebab Covid-19 SARS-CoV-2 memiliki kemampuan untuk bertahan cukup lama pada beberapa jenis bahan pakaian. Proses pencucian baju biasa yang menggunakan suhu tinggi dinilai tak dapat menghilangkan virus dari seragam na.
  • Jumat, 26 Februari 2021 - 08:42:25 WIB

    Simak, Ini Batas Usia Penerima Vaksin Covid-19

    Simak, Ini Batas Usia Penerima Vaksin Covid-19 Indonesia telah mulai melakukan Vaksinasi COVID-19. Kali ini sasaran vaksinasi Corona adalah kelompok petugas pelayanan publik dan lansia, setelah petinggi negara dan tenaga kesehatan. Hanya saja tak semua bisa terima vaksin .
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]