Gampang, Begini Cara Bersihkan Ruang Mesin Mobil yang Kotor


Senin, 25 Januari 2021 - 07:47:04 WIB
Gampang, Begini Cara Bersihkan Ruang Mesin Mobil yang Kotor Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Ruang mesin bisa jadi satu bagian yang paling jarang ditengok. Wajar sih karena bagian ini memang selalu tertutup dan jarang disentuh jika tidak terjadi apa-apa. Meski demikian ruang mesin mobil bukan berarti tak perlu dirawat.

Dalam situs seva.id yang dikutip dari detik.com, meski mesin selalu tertutup ruang mesin sangat mudah terkena debu dan kotoran. Jika tidak dibersihkan maka debu dan kotoran pada mesin bisa terhisap filter udara dan bisa merusak sistem injeksi, menghambat pembakaran yang berdampak pada penggunaan bahan bakar yang boros.

Baca Juga : Kreatif, Begini Wujud 'Lamborghini' Made in Gunungkidul

Memang disarankan untuk bisa membersihkan ruang mesin mobil disarankan mempercayakan kepada yang ahli, namun bukan berarti detikers tidak bisa merawatnya. Nah penasaran, simak ulasannya berikut ini.

1. Siapkan Peralatan

Baca Juga : Bukan Cuma Honda Jazz, Mobil-Mobil Ini Nasibnya Tamat di RI

Agar bisa lebih menghemat waktu, disarankan untuk lebih dahulu mempersiapkan peralatan terlebih dahulu. Diantaranya air bersih, selang, ember, sikat, kuas, spons, sabun khusus mobil, engine degreaser, lap plas chamois dan lap microfiber.

Dipastikan alat-alat tersebut memiliki peran masing-masing, seperti engine degreaser bisa membersihkan kotoran bercampur oli yang menempel pada mesin.

Baca Juga : Daihatsu Sharing Tips Cegah Kerusakan Ban di Virtual Workshop

2. Pilih lokasi dengan permukaan datar

Dikatakan lokasi yang baik untuk membersihkan ruang mesin mobil adalah garasi atau di tempat yang memiliki permukaan datar atau rata dengan pencahayaan yang terang.

Baca Juga : Mengapa Daihatsu Rocky Masuk Daftar Penerima Program Relaksasi Pajak? Ini Penjelasannya

Disarankan tidak mencuci ruang mesin yang terjemur matahari karena dapat membuat kabel dan plastik penutupnya menjadi lapuk, getas dan mudah pecah. Selain itu saat membersihkan ruang mesin disarankan untuk memilih tempat yang tidak berdebu serta jauh dari api.

3. Bersihkan ruang mesin yang terkena kotoran membandel

Disarankan untuk membersihkan ruang mesin mobil yang terkena kotoran membandel terlebih dahulu seperti tetesan oli, kerak yang menempel. Namun sebelum membersihkan jangan lupa untuk menutup komponen penting misalnya konektor akim ECU, Busi atau sekring-sekring dengan plastik agar tidak terkena air.

Untuk kotoran membandel seperti bekas oli atau kerak dapat dibersihkan dengan cairan engine degreaser. Caranya semprotkan cairan engine degreaser pada bagian yang kotor. Diamkan selama beberapa menit, baru anda dapat sikat dengan halus menggunakan air sabun hingga bersih. Jika dirasa sudah bersih, bilas dengan air mengalir dari selang dengan tekanan rendah.

Selanjutnya, untuk membersihkan ruang mesin mobil secara keseluruhan, Anda dapat menyiramnya secara perlahan dengan air mengalir dari selang dengan tekanan rendah.

Untuk mempermudah saat membersihkan mesin mobil, gunakan spon yang lembut. Hal ini dilakukan agar tidak menimbulkan goresan-goresan yang akan merusak mesin mobil. Sementara, untuk bagian yang sulit dijangkau, Anda bisa menggunakan sikat gigi atau kuas. Agar bersih optimal, Anda bisa menggunakan sabun khusus untuk mobil yang memang terbukti ampuh mengangkat dan melarutkan kotoran dan oli sehingga mesin mobil lebih mudah dibersihkan.

Hasilnya, mesin mobil akan terlihat bersih, kinclong dan tak ada lagi kotoran yang menempel. Setelah dibersihkan dengan sabun, bilas hingga bersih. Pastikan semua komponen mesin terbebas dari sisa busa.

Terakhir, Anda harus keringkan seluruh bagian ruang mesin dengan lap plas chamois atau microfiber. Untuk menghindari timbulnya kerak alias water spot, diamkan mobil selama 2-3 jam dalam posisi kap mesin terbuka.

Jika Anda punya, ruang mesin juga bisa dikeringkan dengan menggunakan kompresor atau tekanan udara. Yang terpenting adalah pastikan ruang mesin mobil sudah bersih secara menyeluruh.

4. Panaskan mesin

Saat ruang mesin sudah bersih jangan lupa untuk memanaskan mesin mobil, tujuannya untuk mengetahui ada terjadi konsleting atau tidak. Disarankan untuk melakukan pembersihan ruang mesin secara teratur, misalnya pada musim kemarau dilakukan sebulan sekali. (*)

Editor : Heldi Satria | Sumber : detik.oto
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]