Pemkab Pessel Maksimalkan Pembinaan Koperasi


Senin, 25 Januari 2021 - 08:27:19 WIB
Pemkab Pessel Maksimalkan Pembinaan Koperasi Pemkab Pessel Maksimalkan Pembinaan Koperasi

PESSEL, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan berkomitmen memberikan pembinaan maksimal kepada koperasi aktif. Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Kabupaten Pessel, Surmiani mengatakan Pemkab akan memaksimalkan pembinaan tersebut meski dengan anggaran yang minim.

"Meski kami kekurangan anggaran untuk tahun 2021 ini, namun kami tetap memberikan pembinaan se-maksimal mungkin untuk koperasi aktif di daerah kita ini," katanya, dikutip dari website resmi Pemkab Pessel, Senin (25/1/2021).

Baca Juga : Sumbar Butuh Jalan Tol Padang-Pekanbaru

Menurutnya, pembinaan mesti dilakukan oleh pihaknya guna meningkatkan fungsi dan tujuan hadirnya suatu koperasi di tengah masyarakat. Kemudian, ia juga melanjutkan tindakan tersebut diambil untuk dapat membuktikan kehadiran pemerintah terhadap koperasi. Ia menambahkan, di daerah itu terdapat sekitar 318 unit koperasi dan yang aktif bergerak sebanyak 145 unit.

"Koperasi yang bergerak di berbagai bidang mulai dari Koperasi Unit Desa (KUD), pertanian, perkebunan, peternakan hingga simpan pinjam," tambahnya.

Baca Juga : Mellysa Kistiand Putri Terpilih Sebagai Runner Up I Duta GenRe Tanah Datar 2021

Ia juga menerangkan, koperasi aktif tersebut ditandai dengan adanya laporan bulanan hingga tahunan berupa Rapat Anggota Tahunan (RAT). Ia menerangkan koperasi diberikan pembinaan berupa pembuatan kelembagaan, administrasi dan juga kepengurusan.

"Kegiatan itu per koperasi mendapatkan satu kali perlakuan satu kali dalam satu tahun," terangnya.

Baca Juga : 10 Calon Pimpinan Baznas Pariaman Ikuti Seleksi Tahap Wawancara

Mengingat akan minimnya anggaran untuk pembinaan terhadap koperasi di wilayah itu, sehingga pembinaan lebih mengutamakan terhadap keberadaan Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL). "Anggaran tahun ini hanya sebesar Rp36 jutaan, dan angka itu jelas tidak maksimal, namun bisa di maksimalkan dengan memaksimalkan PPKL yang ada," ulasnya.

Surmiani juga menyebutkan bahwasanya koperasi aktif tersebut tersebar di beberapa wilayah diantaranya Kecamatan Lengayang, Ranah Pesisir, Koto XI Tarusan, juga Bayang. Koperasi di sana ada yang bergerak di bidang jagung dan peternakan, kios buku, distributor pupuk, simpan pinjam, pengelolaan pasar dan juga waserda pupuk.(*)

Baca Juga : 1.100 Personel Polresta Padang Bakal Disuntik Vaksin

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Heldi Satria | Sumber : berita.pesisirselatankab.go.id
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]