Potensi Daerah yang Belum Tersentuh Pembangunan Agar Diusulkan Melalui Musrenbang


Senin, 25 Januari 2021 - 08:29:06 WIB
Potensi Daerah yang Belum Tersentuh Pembangunan Agar Diusulkan Melalui Musrenbang Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangnan (Bappedalitbang) Kabupaten Pesisir Selatan, Yozki Wandri

PESSEL, HARIANHALUAN.COM - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangnan (Bappedalitbang) Kabupaten Pesisir Selatan, Yozki Wandri mengatakan semua program pembangunan yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan dan potensi daerah, maka usulannya harus berawal dari musyawarah pembangunan (Musrenbang).

Ia melanjutkan, usulan tersebut dilakukan bertingkat mulai dari tingkat nagari, kecamatan, hingga kabupaten. Berbagai usulan itu juga harus terdaftar melalui E-Planning, agar kedepan tidak lagi ditemui ada program atau usulan yang naik di tengah jalan.

Baca Juga : Leonardy Harmainy: Pariwisata Jika Dikelola dengan Baik akan Memberikan Keuntungan

"Semua program pembangunan yang akan dilakukan tahun 2021 ini, telah diawali dengan Musrenbang secara berjenjang mulai dari tingkat nagari, kecamatan, hingga ke tingkat kabupaten. Berbagai usulan itu juga terdaftar melalui E-Planning, agar tidak ditemui ada program atau usulan yang naik di tengah jalan," katanya, dikutip dari website resmi Pemkab Pessel, Senin (25/1/2021).

Ia melanjutkan, bahwa setiap tahun Pemkab Pessel menganggarkan dana untuk pembangunan di segala sektor. Seperti pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana pendidikan, pengembangan potensi pertanian, perkebunan, perdagangan serta perikanan.

Baca Juga : Dishub Kabupaten Pessel: Odong Odong Agar Tidak Beroperasi di Jalan Utama

"Jika masih ada sektor-sektor itu yang belum disentuh oleh program pemerintah, silahkan usulkan saat Musrenbang digelar. Ini bertujuan agar sektor yang belum tersentuh itu bisa diakomodir pada tahun berikutnya, atau tahun depan," pintanya.

Dia menambahkan, Pemkab Pessel akan terus berupaya meningkatkan pembangunan di berbagai bidang. Hal itu dilakukan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Itu bisa dilakukan karena Kabupaten Pessel memiliki potensi sumber daya alam yang sangat besar. 

Baca Juga : Kasus Positif Corona di Sumbar Bertambah, Positivity Rate 7,50 Persen

"Seperti halnya, sektor pertanian, perkebunan, perikanan, pariwisata dan lainnya," jelas Yozki lagi.

Berbagai potensi itu akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat apabila digarap secara maksimal. Namun, karena keterbatasan kemampuan keuangan daerah yang hanya memiliki dana APBD sebesar Rp 1,7 triliun tahun 2021, sehingga Pessel masih sangat membutuhkan investor untuk mengoptimalkan potensi yang ada tersebut.(*)

Baca Juga : Sebanyak 27.328 Orang di Sumbar Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

 

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Heldi Satria | Sumber : berita.pesisirselatankab.go.id
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]