Mantan Menteri Yunani Ditemukan Tewas di Laut


Senin, 25 Januari 2021 - 11:28:19 WIB
Mantan Menteri Yunani Ditemukan Tewas di Laut Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Seorang mantan menteri Yunani, Sifis Valirakis ditemukan tewas di laut pada hari Minggu (24/1) waktu setempat. Menurut Kantor Berita Athena, pria berusia 77 tahun itu sebelumnya hilang pada Minggu sore di lepas pantai pulau Evia.

Dilansir dari AFP, Senin (25/1/2021), otoritas Penjaga Pantai menemukan perahu karetnya di dekat sebuah pulau kecil di mana mesin perahunya dalam keadaan menyala. Petugas menemukan jenazahnya sore hari sekitar satu mil dari kapal miliknya.

Baca Juga : Jumlah Kematian karena Covid-19 di AS Terus Menurun: Sempat 4 Ribu, Kini 749 Orang Meninggal Sehari

Valirakis yang pernah menjabat sebagai Menteri Ketertiban Umum dari tahun 1995 hingga 1996 di masa pemerintahan sosialis PASOK, telah menjadi anggota perlawanan anti-junta terkemuka.

Dia adalah anggota Panhellenic Liberation Army di bawah pimpinan Andrea Papandreou yang mengambil bagian dalam berbagai serangan bom terhadap kediktatoran militer Yunani. Valirakis kemudian membentuk PASOK, partai yang memerintah Yunani selama tahun 1980-an.

Baca Juga : Vaksin Johnson & Johnson Diklaim Ampuh dan Hanya Perlu Satu Dosis

Valirakis ditangkap pada tahun 1971 dan dipenjara di Corfu. Satu tahun kemudian dia berhasil melarikan diri dan berenang ke Albania untuk meminta suaka politik.

Pihak berwenang Albania sempat menangkapnya karena diduga sebagai mata-mata, namun kemudian dia dibebaskan setelah intervensi dari teman-teman politiknya dari seluruh dunia.

Baca Juga : Astaga! Akibat Virus Corona Covid-19, Pria Ini Ereksi 3 Jam dan Meninggal Dunia

Perdana Menteri Yunani, Kyriakos Mitsotakis memberikan penghormatan kepada Valirakis.

"Sifis Valirakis adalah seorang demokrat pemberani, pejuang perlawanan yang tak kenal takut selama kediktatoran dan anggota parlemen dan menteri yang tidak mementingkan diri sendiri selama demokrasi," katanya dalam sebuah tweet.

Baca Juga : Longgarkan Karantina Covid-19, Israel Mulai Buka Restoran

Valirakis meninggalkan istrinya, Mina Valiraki-Papatheodorou dan dua putranya. (*)

Editor : Heldi Satria | Sumber : AFP
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]