Nama Buah Naga Diganti Jadi Teratai di Gujarat, Ini Alasannya


Senin, 25 Januari 2021 - 12:18:19 WIB
Nama Buah Naga Diganti Jadi Teratai di Gujarat, Ini Alasannya Ilustrasi buah naga

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Lantaran nama buah naga "memiliki asosiasi dengan China",  otoritas Gujarat, salah satu negara bagian di India, memutuskan mengubah nama buah tersebut. Hasilnya ternyata malah memicu banjir meme dan lelucon di lini masa media sosial India.

Seperti dilansir dari detikcom, Menteri utama Gujarat, Vijay Rupani, mengatakan buah bersisik dan berwarna merah muda itu kini dinamai kamalam, yang berarti bunga teratai dalam bahasa Sanskerta. Teratai dianggap suci oleh umat Hindu dan menjadi bunga nasional India.

Baca Juga : Longgarkan Karantina Covid-19, Israel Mulai Buka Restoran

Hubungan antara India dan China memanas dalam beberapa bulan terakhir. Tentara dari kedua tetangga terjebak dalam ketegangan yang telah berlangsung lama di sepanjang perbatasan Himalaya.

India baru membudidayakan buah naga beberapa tahun belakangan dan kini mulai populer di Gujarat.

Baca Juga : Menlu China Nyatakan Serius Bantu Indonesia Jadi Pusat Produksi Vaksin Covid-19 di ASEAN

Buah itu termasuk dari tanaman kaktus - dan diyakini mendapatkan nama buah naga karena kulitnya yang menyerupai sisik naga.

Kendati buah naga adalah buah tropis asli Amerika Tengah dan sebagian besar diimpor dari Amerika Selatan, banyak orang di India mengasosiasikannya dengan China karena namanya.

Baca Juga : Hacker Sebar Data Pasien RS Amerika Serikat di Dark Web

Persaingan antara India dan China sering digambarkan sebagai persaingan antara gajah dan naga,

Hubungan antara kedua tetangga itu sangat dingin sejak tentara mereka bentrok di pegunungan Himalaya.

Baca Juga : Waw, Warga Amerika Bakal Dapat Bansos Senilai Rp 20 Juta

Buah naga, yang bukan berasal dari CHina, kini banyak ditanam di India. Keputusan Gujarat untuk mengganti nama buah itu diumumkan pada hari Selasa (19/01) oleh Rupani.

Teratai juga merupakan simbol pemilihan Partai Bharatiya Janata, di mana ia dan PM India Narendra Modi berasal.

"Nama buah naga tidak tepat, dan karena namanya orang berpikir tentang China. Jadi kami memberinya nama 'kamalam'," kata Rupani kepada pers setempat.

Rupani tidak merinci lebih lanjut tetapi perubahan nama itu menjadi inspirasi lelucon dan meme di dunia maya.

Pada Juni tahun lalu, bentrok antara pasukan India dan China di perbatasan mengakibatkan 20 tentara India meninggal dunia.

Sejak itu, India menuding China melanggar kesepakatan perbatasan dengan melakukan "pergerakan militer yang provokatif".

Akan tetapi, orang India dengan cepat mengolok-olok langkah pemerintah setempat yang mereka anggap jinak dan bahkan tidak ada gunanya.

Beberapa di antara mereka bahkan merasa kasihan pada buah itu.

Ada pula lelucon tentang kecenderungan BJP mengganti nama berbagai hal, mulai dari nama kota hingga jalan, kebiasaan yang sering membuat partai itu dituduh mencoba menulis ulang sejarah India dengan mencoba menghapus peninggalan pemerintahan Islam yang telah berkuasa selama berabad-abad.

Bagaimanapun, seorang pengguna Twitter tampak lega bahwa ia masih bisa makan buah tersebut, mengingat pemerintah telah melarang beberapa aplikasi China sejak Juni, dengan alasan masalah keamanan dan privasi.

Tentu saja, daftar meme belum lengkap tanpa naga dalam Game of Thrones yang populer, jadi banyak meme yang kemudian merujuk pada karakter dalam serial itu, Khaleesi dan binatang naga peliharaannya. (*)

Editor : Rahma Nurjana | Sumber : detik.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]