KPU Tetapkan Andriwarman-Iwan Fikri sebagai Bupati dan Wakil Bupati Agam


Senin, 25 Januari 2021 - 18:19:50 WIB
KPU Tetapkan Andriwarman-Iwan Fikri sebagai Bupati dan Wakil Bupati Agam Ketua KPU Agam menyerah berita Acara kepada Bupati terpilih.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Agam menetapkan pasangan Andriwarman dan Iwan Fikri sebagai Bupati dan Wakil Bupati Agam periode 2021 - 2025 melalui sidang paripurna di Hotel Sakura Syariah, Lubuk Basung, Provinsi Sumbar, Senin (25/1/2021).

Penetapan tersebut dihadiri oleh, Ketua DPRD Agam, Novi Irwan, Kapolres AKBP Dwi Nur Setiawan, Sekda Martias Wanto, Ketua Bawaslu Agam Elvis dan unsur Forkopinda lainnya.

Baca Juga : Tindak Pidana Pilkada, Kadis PMD dan Lima Kades Masuk Penjara

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Agam, Riko Antoni menyampaikan, penetapan bupati dan wakil Bupati Agam berdasarkan surat dinas KPU RI Nomor 60  dan surat dari panitera MK Nomor 165 ke KPU Agam.

Secara aturan, baik PKPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang tahapan program dan jadwal, penetapan pasangan calon terpilih dilakukan dalam kondisi dua hal. Pertama, apabila tidak ada selisih hasil di Makamah Konstitusi (MK), kedua apabila ada selisih hasil.

Baca Juga : Sidang Pembuktian Gugatan Pilgub Kabupaten Solok Selesai, Diputuskan pada Maret

"Berdasarkan surat yang dikirim MK ke KPU RI dan diturunkan kepada kita, untuk Agam tidak ada permohonan yang teregistrasi sebagai gugatan tentang hasil pilkada Agam 9 Desember lalu," katanya.

"Pada hari ini kita lakukan penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati Agam di batas waktu paling akhir, karena secara regulasi, paling lama lima hari setelah pemberitahuan secara resmi oleh MK," katanya lagi.

Baca Juga : Pelantikan Kepala Daerah, Segeralah Tunaikan Janji-janji Politik!

Terkait ada atau tidaknya permohonan perselisihan hasil sudah bisa dilakukan penetapan.

"Selanjutnya kami dari KPU Kabupaten Agam akan menyurati DPRD untuk pengusulan, pengesahan dan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih. Nantinya akan ditindaklanjuti oleh DPRD kepada gubernur untuk pengesahan dan pelantikan. Paling lambat tiga hari setelah surat disampaikan," tukasnya. (*)

Baca Juga : Sutan Riska, Bupati Dharmasraya Termuda dan Juga Seorang Raja

Editor : Milna Miana | Sumber : Rilis
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]