Alhamdulillah! Bayi Penderita Ekstrofi Bulli Bladder di Solok Dibantu Anggota DPR


Senin, 25 Januari 2021 - 22:22:36 WIB
Alhamdulillah! Bayi Penderita Ekstrofi Bulli Bladder di Solok Dibantu Anggota DPR Dedi Wahyudi dan istri menerima bantuan pengobatan untuk anaknya.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kesulitan yang sedang dihadapi pasangan asal Kabupaten Solok Dedi Wahyudi dan Ayu Ramadhanis, orang tua dari bayi Sahida Rahmi yang menderita penyakit langka Ekstrofi Bulli Bladder perlahan berkurang. Anggota DPR RI Darul Siska merespon dengan memberikan bantuan untuk biaya operasi dan pengobatan penyakit tersebut.

Anggota komisi IX DPR RI itu mengutus tiga Tenaga Ahlinya, Darmawan, Ervendi dan Dedi Efwilza untuk memastikan kesiapan operasi bayi Sahida Rahmi di RSUP DR. M. Djamil Padang sekaligus menyerahkan bantuan biaya pengobatan, seperti dirilis, Senin (25/1/2021).

Baca Juga : Deklarasi Tolak KLB, Tegaskan Demokrat Solid dan Tegak Lurus dengan AHY

Darul Siska menyampaikan empati yang mendalam terhadap permasalahan yang dialami pasangan Dedi Wahyudi dan Ayu Ramadhanis, khususnya kepada bayi Sahida Rahmi yang lahir dengan organ dalam tubuh diatas alat vitalnya berada diluar.

Menurutnya, penyakit yang sedang diderita Sahida Rahmi ini adalah kelainan kongenital dimana terbukanya kandung kemih di dinding abdomen bawah yang terjadi pada bayi baru lahir. Kasus ini sangat langka dan jarang terjadi. Rasio kemungkinan terjadinya kasus ini adalah sekitar 1:30.000 kelahiran.

Baca Juga : Kunjungan ke BLK Padang, Wagub Audy: Ini Menakjubkan Sekali!

Karena ini adalah penyakit langka maka perlu penanganan lebih spesifik dari ahli  urologi dan ortopedi di rumah sakit. Politisi Partai Golkar ini memberikan apresiasi kepada  pihak RSUP DR. M.Djamil Padang yang dengan telaten dan sabar memberikan pelayanan medis yang baik bagi proses operasi dan penyembuhan bayi Sahida Rahmi.

Darul juga mengungkapkan perasaannya terkait apa yang sedang dirasakan pasangan Dedi Wahyudi dan Ayu Ramadhanis, semua kita pasti sangat merindukan kelahiran anak yang sehat tanpa kelainan secara fisik dan mental dan saya ikut merasakan betapa sedihnya  orang tua ketika kelahiran buah hatinya yang kemudian ditemukan  pengidap penyakit langka ini.

Baca Juga : Putra-Putri Terbaik di Indonesia Siapkan Diri, Penerimaan Polri Segera Dibuka

"Pasti ada kebahagian dan kasih sayang yang ingin Allah SWT berikan kepada keluarga ini. Insha Allah, pasti ada hikmah dibalik semua kejadian ini. Yakinlah bahwa dibalik kesulitan pasti ada kemudahan dan sesungguhnya sesudah kesulitan pasti ada kebahagiaan," katanya.

Darmawan menambahkan, bantuan yang diserahkan untuk pengobatan Sahida ini berjumlah Rp10 juta dan langsung mengawal proses operasi dan mendorong langkah–langkah percepatan dalam proses operasi sekaligus berkoordinasi dengan pihak rumah sakit yang merupakan mitra kerja Komisi IX DPR RI.

Baca Juga : Delapan Personel Polda Sumbar Diberhentikan, Kapolda: Polisi Itu harus Humanis 

Sementara itu, Dedi Wahyudi didampingi istri dan bayi Sahida menyampaikan rasa syukur dan terima kasih yang mendalam atas perhatian dan bantuan yang telah diberikan Darul Siska. Terkait penyakit yang diderita buah hatinya, Dedi menjelaskan, tidak pernah menduga karena sejak kehamilan tidak ada  kelainan klinis yang dialami bayinya. 

"Dari USG yang dilakukan anak kami normal saja dan diduga berjenis kelamin laki-laki," kenang Dedi.

Namun ketika melahirkan pada tanggal 24 September 2019, Dedi mengaku terkejut dengan kondisi Sahida ini dan langsung membawa ke RSUD Solok dan dirujuk ke RSUP DR. M. Djamil Padang karena RSUD Solok belum memiliki ahli yang bisa menangani penyakit langka ini.

"Kami berharap setelah proses medis ini berjalan, kami ingin melihat anak kami bisa bermain dan berlari seperti anak-anak normal lainnya. Kami berkeyakinan Allah akan memberikan kebahagiaan yang luar biasa kepada kami yang mungkin saja tidak diberikan kepada orang lain," ucapnya. (*)

Reporter : Agoes Embun | Editor : Agoes Embun
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]