Luar Biasa! PMI Batam Layani Donor Plasma Konvalesen Penyintas Covid-19


Selasa, 26 Januari 2021 - 13:19:39 WIB
Luar Biasa! PMI Batam Layani Donor Plasma Konvalesen Penyintas Covid-19 Seorang pendonor plasma konvalesen sedang melakukan donor di gedung PMI Kota Batam. (damri/haluankepri.co)

BATAM,HARIANHALUAN.COM-Layanan donor plasma konvalesen atau plasma darah bagi penyintas Covid-19, kini sudah bisa dilaksanakan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batam, Kepri.

 Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Batam, dr. Novia mengatakan, plasma konvalesen adalah plasma darah yang diambil dari pasien yang telah sembuh dari covid-19 untuk membantu menyembuhkan pasien yang masih terpapar covid-19. Plasma konvalensen tersebut juga merupakan sebuah terapi penunjang untuk pasien covid-19.

Baca Juga : Sambut Ramadhan, Bupati Lingga Doa Bersama dan Silaturahmi dengan Masyarakat

Meskipun bukan merupakan terapi yang utama akan tetapi terapi ini terbukti ampuh untuk menambahkan imun didalam tubuh pasien covid-19.

“Terapi plasma konvalesen tersebut sama halnya seperti imunisasi. PMI Batam salah satu dari 31 cabang pelaksana donor Plasma Konvalesen se-Indonesia,” ucap Novia, seperti dilansir  Hakuankepri.co, Selasa (26/1/2021)

Baca Juga : Ambruk Sejak 2018, Pelabuhan Setebik Tak Kunjung Diperbaiki Pemerintah

Acara pencanangan donor plasma konvalesen di gedung PMI Kota Batam pada Senin (25/1/2021).

Dikatakan Novia, tujuan dari terapi plasma konvalesen itu supaya bisa membantu masyarakat atau pasien yang sedang dirawat di Rumah Sakit karena terinfeksi covid-19.

Baca Juga : Pengukuhan dan Pelantikan FKWI Kepri Berlangsung Khidmat dan Meriah

Darah yang ambil dari pasien yang sudah dinyatakan sembuh Covid-19 tersebut melalui mekanisme apheresis atau proses pengambilan salah satu komponen darah, yaitu cairan plasma.

“Sementara itu sel darah merah pendonor akan dikembalikan lagi ke tubuh pendonor tersebut. Untuk 1 orang itu plasmanya yang kita ambil dari 400-600 cc dan sebelum pengambilan kita lakukan dulu screening diawal,” ujar Novia.

Baca Juga : Seleksi Paskibraka Diikuti 469 Siswa di Kota Batam

Lanjutnya, jadi penyitas atau pasien yang diambil cairan plasmanya itu tidak serta merta langsung diambil darahnya, namun dicek terlebih dahulu titel antibodinya berapa, mencukupi atau tidak.

“Setelah proses tersebut, nantinya cairan plasma pendonor itu akan dilakukan pemeriksaan kembali dengan cara Nucleic Acid Tes (NAT) di Jakarta untuk melihat apakah pendonor tersebut terbebas dari penyakit menular,” ungkapnya.

Pada minggu yang lalu pihaknya telah melakukan proses screening terhadap 45 orang calon pendonor plasma, namun yang lolos tahap itu hanya 4 orang.

“Terus dikirimkan ke Jakarta dan yang lolos dari pemeriksaan di Jakarta hanya 3 orang saja. Dari 3 orang tersebut yang sudah diambil plasmanya baru 1 orang pada pagi tadi, untuk 2 orang lagi nanti sore baru kita ambil,” bebernya.

Ditambahkannya, target PMI Batam dalam minggu ini untuk pengambilan plasma minimal 8 kantong darah dengan golongan darah yang berbeda-beda. Karena begitu ada yang membutuhkan plasma tersebut tinggal kita distribusikan langsung.

“Kepada masyarakat Batam yang ingin mendonorkan plasma konvalensennya itu bisa dilaksanakan pada setiap hari Senin di Kantor PMI Batam. Proses pengambilan cairan plasma itu tidak boleh terlalu lama dikarenakan batasnya waktunya itu hanya 5 hari saja,” pungkasnya. (*)

Editor : Dodi | Sumber : Haluankepri.co
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]