Disdik Solsel Bahas Kelanjutan Sekolah Tatap Muka


Selasa, 26 Januari 2021 - 17:15:54 WIB
Disdik Solsel Bahas Kelanjutan Sekolah Tatap Muka Rapat terbatas Satgas gugus tugas Covid-19 Solsel.

SOLSEL, HARIANHHALUAN.COM - Dinas Pendidikan Solok Selatan (Solsel) menggelar rapat terbatas dengan jajaran pendidikan dan Satgas gugus tugas Covid-19 guna membahas kelanjutan sekolah tatap muka disaat wabah pendemi kian melonjak. 

Pj Sekdakab Solsel, Doni Rahmat Samulo mengatakan, saat ini  berada pada kondisi wabah Covid-19 yang semakin hari semakin melonjak, bahkan apapun yang akan dilakukan serba salah.

Baca Juga : Peroleh DAK Rp11 Miliar, DPUTR Agam Rehab 10 Paket Jaringan Irigasi

"Sebelum melangkah, bagaimana secara bersama membahas pembelajaran tatap muka tidak menimbulkan klaster baru," ujarnya.

Pihaknya mengakui belajar daring cukup menghambat sistem belajar bagi siswa, bahkan tidak semua siswa memiliki alat komunikasi.

Baca Juga : BLK Agam Gelar Pelatihan Pembuatan Kue dan Roti

"Secara kualitas dibandingkan dengan tatap muka, belajar daring  itu sedikit mengurangi efektifitas belajar mengajar, bahkan kerap disalah gunakan," katanya.

Pemkab Solsel, imbuhnya, memberikan izin namun harus ada penilaian sekolah dan izin dari orang tua dan kesepakatan bersama, agar klaster baru bisa diatasi dan berpedoman kepada SKB empat Mentri.

Baca Juga : Rusma Yul Anwar: Pembangunan Harus Terukur

"Pembelajaran tatap muka harus diatur sedemikian rupa agar tidak terjadi klaster baru, dan menimbulkan masalah baru," katanya.

Menurutnya, pemkab Solsel harus memastikan semua guru harus bersih dari wabah ini dengan melakukan uji swab. 

Baca Juga : PKKM Sumbar 2020, Sembilan Kepala Madrasah Agam Masuk 10 Besar

"Tidak luput, keterlibatan pihak kecamatan yang juga mengantisipasi kegiatan pelajar diluar jam belajar," ujarnya.

Plt Kadis Pendidikan Solsel, Novrizon menyampaikan, sepuluh bulan pelajar tidak melaksanakan pembelajaran tatap muka, penyebanya adalah semakin merebaknya penyebaran Covid-19.

"Sesuai instruksi dari Gubernur Sumbar, bagi daerah yang zona orange boleh melaksanakan pembelajaran tatap muka, sehingga Dinas Pendidikan Solsel menggelar pembelajaran tatap muka pada 4 januari 2021 dengan syarat para tenaga pendidik harus diswab," katanya.

Ada dua sekolah yang saat ini masih terpapar Covid-19, saat ini diatasi dengan cara menyediakan sarana prasarana kesehatannya. 

"Kita akan membuat edaran baru terhadap pembelajaran tatap muka, agar nanti masyarakat dan orang tua bisa berpedoman kepada edaran tersebut," bebernya. (*)

Reporter : Jefli | Editor : Heldi Satria
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]