RSUD Tapan Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19 Pada Lintas Sektor


Rabu, 27 Januari 2021 - 09:23:48 WIB
RSUD Tapan Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19 Pada Lintas Sektor RSUD Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan melakukan pertemuan lintas sektor dalam rangka sosialisasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19

PESSEL, HARIANHALUAN.COM - RSUD Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan melakukan pertemuan lintas sektor dalam rangka sosialisasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Kegiatan itu dihadiri unsur Muspika Basa Ampek Balai Tapan, Direktur RSUD Tapan, Kasubag TU dan Kasi Penunjang.

Direktur RSUD Tapan, Elfrina Mirna pada kesempatan itu berharap pada semua pihak  mendukung dan menyukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada tahap awal tersebut. Dikatakannya, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap awal ditujukan bagi tenaga kesehatan.

Baca Juga : Mengenal 8 Kisah yang Berkembang di Solsel Melalui Buku 'Mendulang Cerita Rakyat'

"Kegiatan tahap pertama vaksinasi ini langsung didampingi dari awal sampai akhir oleh semua lintas sektor agar berjalan dengan lancar," katanya dikutip dari website resmi Pemkab Pessel, Rabu (27/1/2021),

Ia melanjutkan, pasien vaksinasi pertama di RSUD Tapan adalah Kasi Pelayanan Medis dan Keperawatan, Dori Efriharma. Elfrina menjelaskan, syarat umum bagi peserta untuk dapat dilakukan vaksinasi Covid-19 antara lain membawa KTP, berumur 18-59 tahun, dan lulus pemeriksaan kesehatan.

Baca Juga : Wabup Sabar AS Ingatkan Warga Manfaatkan Bantuan Baznas dengan Baik

"Kegiatan vaksinasi ini ditujukan pada peserta yang berbadan sehat, karena sebelum disuntik dilakukan pemeriksaan kesehatan dan tidak mempunyai riwayat penyakit tertentu seperti, jantung, diabetes dan lainnya," terangnya.

Setelah divaksin, peserta diobservasi dan menunggu di ruangan serta dinilai kondisi kesehatannya. Kemudian peserta juga mendapat penyuluhan berkaitan dengan vaksinasi Covid-19. Manfaat vaksinasi adalah menciptakan respon antibodi untuk sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga : Positif Corona di Sumbar Bertambah 106 Orang, Total 29.380 Kasus

"Saat disuntik vaksin, sel B akan menempel pada permukaan virus Corona yang sudah dimatikan dan mencari fragmen yang cocok," ungkapnya.(*)

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Rahma Nurjana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]