Antibodi 2-3 Pekan Baru Terbentuk Setelah Vaksin Dosis Kedua, Menkes: Risiko Tertular akan Lebih Kecil


Rabu, 27 Januari 2021 - 10:05:34 WIB
Antibodi 2-3 Pekan Baru Terbentuk Setelah Vaksin Dosis Kedua, Menkes: Risiko Tertular akan Lebih Kecil Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Proses vaksin untuk tahap pertama sudah selesai dan sudah diterima oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), bersama jajarannya, tenaga kesehatan, dan perwakilan dari figur publik, pada Rabu (13/1) dan Rabu hari ini (26/1).

"Proses vaksin sudah selesai untuk batch pertama. Mudah-mudahan ini bisa mencontoh dan memotivasi tenaga kesehatan, agar mereka mengejar suntikan pertama dan mereka bisa selesaikan suntikan kedua," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (BGS), usai vaksinasi kedua, secara virtual, Rabu ini (26/1) seperti dilansir CNBC Indonesia.

Baca Juga : Dokter Sebut Varian Baru Covid-19 B117 Tidak Lebih Berbahaya, tapi...

"Setelah suntikan kedua masih butuh waktu supaya antibodi terbentuk, mungkin 2-3 minggu, dan setelah itu insya Allah risiko kita tertular lebih kecil," kata mantan Wamen BUMN ini.

Dia menjelaskan perkembangan terbaru dari penanganan Covid-19 saat jumlah kasus sudah menembus 1 juta.

Baca Juga : Ini yang Akan Terjadi Jika Terinfeksi 2 Strain Covid-19 Sekaligus

"Kemarin angka menembus 1 juta, jadi saya sampaikan ada dua momen penting. Pertama terus terang, ini momen kita berduka, sudah lebih 600 nakes [tenaga kesehatan] meninggal. Banyak temen-teman yang kita kenal meninggal. Itu yang kita harus refleksi momen ini memang virus ada, pandemi ada, dan serius," tegasnya.

"Tapi momen kedua paling penting buat saya, saya harus ajak teman-teman, nakes yang sudah wafat jangan sampai mereka wafat sia," tegas mantan bos Inalum dan Bank Mandiri ini

Baca Juga : Mulai Sekarang Hindari Pakai Hand Sanitizer di Situasi Ini

"Kita harus kerja lebih keras lagi. Pertama protokol kesehatan, 3 M, itu harus seluruh rakyat. Saya akan memastikan di Kemenkes, proses testing, treatment mati-matian kita kejar secepat-cepatnya. Dua hal itu momen bekerja keras sangat keras dan extra keras dalam mematuhi kesehatan yang 3 M, dan juga dari sisi Kemenkes program 3T berjalan lebih cepat lagi itu yang haus kita lakukan bersama," jelasnya. (*)

Editor : Rahma Nurjana | Sumber : CNBC Indonesia
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]