Terdampak Pandemi Covid-19, Angka Pernikahan di Kota Padang Turun 10 Persen


Rabu, 27 Januari 2021 - 13:25:53 WIB
Terdampak Pandemi Covid-19, Angka Pernikahan di Kota Padang Turun 10 Persen Aris Junaidi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pandemi Covid-19 yang terjadi tak hanya memberikan dampak bagi kesehatan dan ekonomi. Tapi juga membuat angka pernikahan di Kota Padang mengalami penurunan. Pada tahun 2020, angka pernikahan di Kota Padang hanya ada di kisaran 6.432 pasang. Sedangkan di tahun 2019, angka pernikahan mencapai 6.600 pasang.

Hal itu dikatakan oleh Kasi Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Padang, Aris Junaidi saat dihubungi Harianhaluan.com, Rabu (27/1/2021). Penurunan tersebut terjadi sebanyak 10 persen, dan alasan penurunan itu karena pandemi Covid-19 serta pelarangan dari Pemko Padang.

Baca Juga : Sebanyak 2.500 Pedagang Pasar di Kota Padang Divaksinasi

"Di tahun 2020 angka pernikahan itu ada penurunan 10 persen. Salah satu penyebabnya adalah Covid karena kemarin itu memang dibatasi. Jadi banyak yang diundur sampai sekian bulan," sebutnya.

Kata Aris, biasanya angka pernikahan setiap tahunnya mengalami peningkatan. Bahkan, dari 11 kecamatan yang ada di Kota Padang bisa mencapai 6.800 pasang yang menikah per tahunnya. Ia menerangkan, KUA di Kota Padang terdiri dari tiga tipe. Untuk KUA tipe A per bulan biasanya terjadi 150 pasang yang menikah. Kemudian, untuk KUA tipe B sebanyak 100 pasang dan tipe C rata-rata 50-60 pasang yang menikah.

Baca Juga : Hari Ini, Pedagang Pasar Raya Melakukan Vaksinasi

"Tipe A rata-rata sebulan lebih kurang 150 lebih itu di Koto Tangah saja dan itu paling banyak. Sehingga 1 tahun bisa 1500 peristiwa pernikahan. Tipe B ada dua di Kecamatan Lubeg dan Kuranji rata-rata di angka 100 perbulan. Tipe C rata-rata 50-60 pasang paling banyak dalam satu bulan," terangnya.

Lalu, pasangan yang menikah pada tahun 2020 yang paling banyak terjadi pada bulan Februari, Agustus, dan terakhir bulan Desember. Bagi pasangan yang akan menikah tidak harus menyertakan hasil swab PCR hanya saja saat akad nikah berlangsung peserta dibatasi dan menggunakan masker.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Kamis 04 Maret 2021

"Palimg banyak di bulan Februari karena Maret Covid-19 meledak. Kemudian meningkat lagi di bulan Agustus dan terakhir Desember ini. Karena November kemarin ada pelarangan dari pemko juga," tutupnya.(*)

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Nova Anggraini
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]