Cuma 2 Menit, Cetak Dokumen Kependudukan di Disdukcapil Kota Padang dengan Anjungan Dukcapil Mandiri


Rabu, 27 Januari 2021 - 14:18:37 WIB
Cuma 2 Menit, Cetak Dokumen Kependudukan di Disdukcapil Kota Padang dengan Anjungan Dukcapil Mandiri Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang bisa mencetak 24 dokumen kependudukan hanya dalam waktu 2 menit saja.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Di Disdukcapil Kota Padang saat ini masyarakat sudah bisa mencetak dokumen kependudukan dengan mudah dan cepat. Karena di sana telah disediakan alat yang diberi nama Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang bisa mencetak 24 dokumen kependudukan hanya dalam waktu 2 menit saja.

Saat dihubungi Harianhaluan.com, Rabu (27/1/2021) Kabid PIAK Disdukcapil Kota Padang Fauzan Ib Foni mengatakan alat tersebut sudah bisa digunakan masyarakat. Sebelumnya, ia sudah melakukan uji coba pada petugas internal dan berhasil dilakukan.

Baca Juga : Sebanyak 2.500 Pedagang Pasar di Kota Padang Divaksinasi

"Sebagaian sudah kita email-kan ke masyarakat bagi penduduk yang pertama kali mendapatkan perekaman KTP kita arahkan untuk mencetak di mesin itu. Kemarin ada 13 orang yang kita email cuma belum datang. Kita nunggu masyarakat datang saja lagi, kalau inernal kita sudah uji coba kemarin ada beberapa," katanya.

Fauzan menerangkan, ADM tersebut bisa melakukan pencetakan dokumen kependudukan hanya dalam waktu 1-2 menit saja. Di alat tersebut, masyarakat juga bisa mencetak dokumen lainnya seperti KK, KIA, hingga surat pindah penduduk.

Baca Juga : Hari Ini, Pedagang Pasar Raya Melakukan Vaksinasi

"Kapasitasnya belum tahu karena masih uji coba. Untuk 1 dokumen buat KTP waktu yang dibutuhkan 1-2 menit. KIA dan dokumen lainnya di bawah 2 menit. Cukup banyak kemampuan alat ini dan sangat membantu. Cuma kan kendalanya masyarakat yang sudah kita email belum datang sehingga belum terukur sama kita," lanjutnya.

Fauzan mengungkapkan ADM bisa mencetak 24 jenis dokumen kependudukan dalam waktu singkat. Prosedurnya masyarakat melakukan pendaftaran melalui aplikasi online di situs yang telah sediakan. Kemudian, masyarakat harus melengkapi persyarakat yang dibutuhkan.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Kamis 04 Maret 2021

"Nanti setelah persyaratan lengkap petugas akan input dokumen ke email. Nanti ada email notifikasi yang berisi barcode untuk KTP dan pin untuk dokumen kependudukan lainnya. Untuk pembiayaan gratis sama dengan layanan dokumen lainnya," tutup Fauzan.(*)

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Nova Anggraini
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]