Waspadai Gejala Covid-19 tak Biasa pada Bayi


Rabu, 27 Januari 2021 - 15:06:00 WIB
Waspadai Gejala Covid-19 tak Biasa pada Bayi Ilustrasi

LONDON, HARIANHALUAN.COM - Bayi berusia empat bulan bernama George terdiagnosis dengan Covid-19 belum lama ini. Akan tetapi, George menunjukkan gejala Covid-19 yang tak biasa dan sekilas mirip seperti penyakit lain.

Ibu George, Myer Rudelhoff, mengatakan bayinya menunjukkan gejala seperti bercak merah pada kulit (mottled skin), bibir bengkak, dan ketidakmampuan untuk menahan cairan. Melihat gejala-gejala ini, Myer mengira bayinya mengalami sickness bug.

Baca Juga : Tak Perlu Heboh Jika Sakit Kepala Pasca Divaksin, Atasi dengan Cara Ini

Dilansir republika.co.id, gejala lain yang dialami oleh George adalah demam. Akan tetapi, Myer mengira demam tersebut muncul dikarenakan George sedang mengalami gigi tumbuh.

"Saya tidak menyangka bahwa (gejala) itu disebabkan oleh virus corona," ungkap Myer, seperti dilansir di Cosmopolitan, pertengahan Januari lalu.

Baca Juga : Waspada! Tak Hanya Batuk, 4 Jenis Ruam Kulit Ini Bisa Jadi Gejala Covid-19

Myer mulai menyadari ada sesuatu yang tak beres pada 2 Januari 2021. Saat itu, George mengalami muntah sehingga Myer langsung menghubungi nomor darurat 111. Oleh petugas, Myer disarankan untuk membawa George ke rumah sakit terdekat.

Kondisi George tampak memburuk dengan cepat setibanya mereka di rumah sakit. Di rumah sakit tersebut, George menjalani pemeriksaan Covid-19 dan dari situ baru diketahui bahwa bayi tersebut positif Covid-19.

Baca Juga : Kemenkes Sediakan Layanan Drive Thru Vaksinasi Covid-19 bagi Lansia

"Ketika mereka berkata dia positif, saya menangis, itu sangat mengejutkan," kata Myer.

Kepada Myer, perawat di rumah sakit tersebut mengatakan bahwa mereka telah merawat beberapa anak dengan gejala serupa yaitu mottled skin dan tampak sakit. Kabar baiknya, George saat ini sudah pulih dan telah diperbolehkan pulang dari rumah sakit.

Baca Juga : Kasus Positif Covid-19 Menurun, Bukan Pertanda Pandemi Melandai

Peneliti dari Spanyol juga pernah menyoroti adanya kemunculan ruam kulit pada pasien Covid-19 dewasa. Akan tetapi, gejala ruam tersebut baru muncul setelah diagnosis ditegakkan. Oleh karena itu, peneliti menilai gejala ruam kulit tak dapat diandalkan untuk mengenali Covid-19 lebih awal.

Berdasarkan studi, peneliti dari Spanyol mengungkapkan setidaknya ada lima jenis ruam kulit yang kerap ditemukan pada pasien Covid-19. Berikut ini adalah kelima jenis ruam kulit tersebut:

1. Lesi yang terlihat seperti bengkak di sekitar tangan dan kaki, yang bisa terasa gatal atau nyeri.

2. Lepuhan kecil yang bermunculan di tungkai dan batang tubuh utama, yang cenderung terasa gatal.

3. Bentol-bentol (merah muda atau putih) yang bentuknya mirip seperti tanaman nettle sting, umumnya timbul di tubuh, namun terkadang juga di telapak tangan, dan seringkali terasa gatal.

4. Makulopapula, yaitu benjolan kecil yang rata dan berwarna merah, merupakan jenis ruam yang paling sering ditemukan dalam studi namun lebih sering dialami pasien dengan gejala lebih berat.

5. Livedo atau dikenal pula sebagai nekrosis, yang membuat kulit terlihat memiliki bercak merah atau biru, dengan pola seperti jaring, jenis ruam ini menandakan sirkulasi udara yang buruk dan lebih sering terlihat pada pasien dengan infeksi Covid-19 yang lebih berat.

Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mengenali gejala-gejala umum Covid-19 pada anak-anak mereka. Akan tetapi, penting pula untuk bisa mengenali dan lebih mewaspadai gejala-gejala lain yang tidak begitu umum.(*) 

Editor : Nova Anggraini | Sumber : republika
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]