Kopilo Lahir di Bukittinggi, Koperasi Simpan Pinjam Tanpa Riba bagi Pelaku UMKM


Rabu, 27 Januari 2021 - 16:24:22 WIB
Kopilo Lahir di Bukittinggi, Koperasi Simpan Pinjam Tanpa Riba bagi Pelaku UMKM Beberapa pengusaha di Sumbar membentuk koperasi berbasis online yang diberi nama Kopilo (Koperasi Milenial Online).

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Efek dari pandemi Covid-19 salah satunya membuat pelaku usaha UMKM merasa kesulitan. Banyak pelaku UMKM yang diharuskan bangkit untuk tetap berdiri meski harus dilanda pandemi virus Corona yang melumpuhkan perekonomian. 

Melihat hal tersebut, beberapa pengusaha di Sumbar membentuk koperasi berbasis online yang diberi nama Kopilo (Koperasi Milenial Online). Saat dihubungi Harianhaluan.com, Rabu (27/1/2021), Ketua Kopilo, Ferdian mengatakan koperasi berbasis online tersebut diresmikan pada tanggal 23 Januari 2021 kemarin.

Baca Juga : Pukul 10.00 WIB: Rupiah Balik Melemah ke Rp Rp 14.295/US$

"Diresmikan baru tanggal 23 Januari 2021 tapi Kopilo ini sudah ada semenjak bulan Juli 2020. Kami melihat masih banyak pelaku UMKM yang kesulitan dalam masalah modal. Karena UMKM sendiri menjadi penunjang hidup para penggiatnya," katanya.

Ferdian yang juga merupakan Ketua Umum BPC HIPMI Kota Bukittinggi melanjutkan awalnya Kopilo hanya terdiri dari 26 orang saja. Karena memang diawal pendiriannya, hanya untuk membantu sesama anggota. Namun, seiring berkembangnya koperasi syariah berbasis online tersebut Ferdian dan pengusaha lainnya memiliki ide untuk mendirikan sebuah koperasi.

Baca Juga : Investasi Bodong dan Pinjol Ilegal Marak, Satgas Waspada Investasi Ajak Masyarakat Bijak

"Anggotanya dulu hanya 26 orang sekarang sudah 110 orang. Kemudahannya, bisa melihat tagihan bulanan berapa, simpanan wajib yang belum dibayar berapa, karena ini kita buat untuk dapat menunjang atau membangkitkan semangat pelaku UMKM," sebutnya.

Bagi masyarakat yang ingin bergabung, Ferdian menyebutkan tidak ada batasan khusus untuk menjadi anggota Kopilo. Meski pelaku UMKM menjadi anggota yang dominan di sana, tak tertutup kemungkinan jika masyarakat umum ikut bergabung. Dia menyebut tidak ada batasan wilayah domisili anggota yang ingin bergabung karena Kopilo merupakan mitra strategis Kementerian Koperasi dan UMKM.

Baca Juga : Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj  Diangkat jadi Komut PT KAI

"Tambah anggota tambah banyak biaya yang bisa digulirkan. Untuk bisa bergabung, bisa mendownload aplikasi Kopilo di Play Store kemudian mengisi data diri. Lalu mengirimkan bukti transfer simpanan pokok dan wajib bulanan. Nanti akan diverifikasi oleh admin dan baru dikeluarkan kartu anggota digital," terangnya.

Kopilo saat ini disosialisasikan melalui media sosial dan juga media cetak. Ferdian mengungkapkan, nantinya akan ada rencana pembentukan unit-unit usaha lainnya yang dapat mendongkrak perekonomian masyarakat. Keuntungan bergabung dengan Kopilo salah satunya bisa memperoleh simpanan berbasis syariah. Sehingga bunga yang diberikan juga kecil dan sangat membantu sesama anggota.

Baca Juga : Miliki 10 Ribu Ton, Bulog Sumbar Jamin Stok Beras Aman

"Anggota nantinya juga mendapatkan sisa hasil usaha. Karena berbasis syariah maka kita simpan pinjam tanpa riba," ujarnya.(*)

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Nova Anggraini
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]