10 Pejabat di Pasaman Divaksin Perdana Jumat Lusa


Rabu, 27 Januari 2021 - 16:38:24 WIB
10 Pejabat di Pasaman Divaksin Perdana Jumat Lusa Ilustrasi

LUBUK SIKAPING, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pasaman menjadwalkan pemberian vaksinasi Covid-19 untuk ribuan tenaga kesehatan di daerah itu dimulai pada Jumat (21/1/2021). Demikian dikatakan Plt Kepala Dinas Kesehatan setempat, dr Rahadian Suryanta Lubis. 

"Insyallah, vaksinasi perdana di Pasaman, Jumat (29/1/2021) besok. Pencanangannya akan dilakukan di Puskesmas Lubuksikaping," ucap Rahadian, Rabu (27/1/2021).

Baca Juga : Mengenal 8 Kisah yang Berkembang di Solsel Melalui Buku 'Mendulang Cerita Rakyat'

Kabupaten Pasaman, kata dia, akan menerima sebanyak 2.920 dosis vaksin tahap pertama. Tenaga kesehatan menjadi prioritas pertama menjalani vaksinasi karena kelompok paling beresiko tertular Covid-19.

"Kita akan melakukan penjemputan vaksin Covid 19 ke gudang vaksin Dinkes Sumbar di Padang, besok, dengan pengawalan ketat pihak kepolisian dari Polres Pasaman," ujar Ade. 

Baca Juga : Wabup Sabar AS Ingatkan Warga Manfaatkan Bantuan Baznas dengan Baik

Dikatakan, program vaksinasi tahap pertama di daerah itu akan diikuti sebanyak 1.720 tenaga kesehatan dengan melibatkan 90 tenaga vaksinator. Vaksinasi akan dilakukan di 16 fasilitas kesehatan (Puskesmas). 

"Vaksinasi terhadap ribuan nakes ini akan digelar di 16 puskesmas. Tapi, untuk tahap pertama besok, ada 10 pejabat dan tokoh yang akan divaksin pertama di Pasaman," katanya.

Baca Juga : Positif Corona di Sumbar Bertambah 106 Orang, Total 29.380 Kasus

Adapun kesepuluh orang tersebut, terdiri atas Bupati Pasaman, Ketua DPRD, Kapolres Pasaman, Dandim 0305/Pasaman, Kajari, Kakan Kemenag, Kadis Kesehatan, Direktur RSUD Lubuksikaping, Pimpinan RS Yarsi dan Ketua IDI.

"Untuk bupati, kita masih menunggu. Ini mengingat usia beliau sudah melewati batas usia pemberian vaksin. Sudah lebih dari 59 tahun," katanya. 

Baca Juga : Sebanyak 27.665 Orang di Sumbar Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

Dia mengungkapkan penyuntikan vaksin dilakukan terhadap orang dalam keadaan sehat, tanpa penyakit bawaan serta penyakit tertentu lainnya. Vaksin ini hanya bisa digunakan untuk usia 18-59 tahun. (*)

Reporter : Yudi Lubis | Editor : Nova Anggraini
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]