17 Kabupaten/Kota di Sumbar Jadi Prioritas Pemberian Vaksin Kedua


Rabu, 27 Januari 2021 - 21:21:39 WIB
17 Kabupaten/Kota di Sumbar Jadi Prioritas Pemberian Vaksin Kedua Kedatangan vaksin Sinovac. Dok Liputan6.com

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sumbar kembali mendapatkan tambahan vaksin Covid-19 dari sinovac sebanyak 29.880 dosis. Secara bertahap, vaksin itu mulai didistribusikan ke 17 kabupaten/kota di daerah ini.

"Vaksin sinovac tahap pertama, termin kedua telah diterima Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, kemarin," kata Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinkes Sumbar dokter Lila Yanwar, Rabu (27/1/2021).

Baca Juga : Masyarakat Campago Selatan Padang Pariaman Berharap Leonardy Fasilitasi Pengembangan Perekonomian

Dokter Lila mengungkapkan, sejak kedatangan tambahan vaksin itu, beberapa daerah terdekat mulai menjemput vaksin. Ditargetkan pendistribusian vaksin ke 17 daerah di Sumatera Barat dapat dituntaskan pada akhir pekan ini.

"Kali ini jatah hanya untuk 17 kabupaten kota karena yang sebelumnya sudah diberikan pada Kota Padang dan Kabupaten Pesisir Selatan," sebutnya.

Baca Juga : Usai Dilantik, Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman Gelar Silaturahmi

Menurutnya, untuk waktu penyutikan vaksin ditentukan pemerintah daerah masing-masing. Namun diharapkan dapat segera dilakukan pada awal Februari 2021.

"Kami berharap Maret semuanya nakes sudah divaksinasi," ujarnya.

Baca Juga : Leonardy Harmainy: Pariwisata Jika Dikelola dengan Baik akan Memberikan Keuntungan

Dokter Lila Yanwar menambahkan, berdasar informasi yang diterima kedatangan vaksin sinovac saat ini merupakan vaksin terakhir untuk tahap pertama. Vaksin ini masih diperuntukan bagi tenaga kesehatan hingga Maret mendatang.

"Katanya ini yang terakhir untuk vaksin tahap pertama," ucapnya.

Baca Juga : Dishub Kabupaten Pessel: Odong Odong Agar Tidak Beroperasi di Jalan Utama

Sebelumnya, Sumatera Barat mendapatkan sebanyak 36.920 dosis vaksin covid-19 pada 5 Januari lalu. Namun penyutikkan vaksin perdana baru dilakukan 14 Januari lalu pada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Sumatera Barat.

Kemudian disusul Forkopimda di Kota Padang dan Kabupaten Pesisir Selatan. Setelah dilanjutkan pada tenaga kesehatan di dua daerah tersebut. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]