Peduli Kanker pada Wanita, Upertis Gelar Layanan IVA Test dan Sadanis di Bukittinggi


Rabu, 27 Januari 2021 - 22:53:50 WIB
Peduli Kanker pada Wanita, Upertis Gelar Layanan IVA Test dan Sadanis di Bukittinggi Pemeriksaan IVA test. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Berdasarkan data dari Globocan tahun 2018, angka kejadian tertinggi kanker pada wanita adalah kanker payudara, yaitu 42,1 per 100.000 penduduk, dengan rata-rata kematian 17 per 100.000. Sedangkan Kanker serviks atau kanker leher rahim menempati urutan kedua dalam deretan kanker yang paling banyak terjadi di Indonesia.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) merekomendasikan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) dan pemeriksaan payudara klinis (SADANIS) untuk deteksi dini kanker payudara. Sadari bisa dilakukan secara mandiri, sedangkan Sadanis dilakukan oleh petugas kesehatan seperti dokter.

Baca Juga : Gejala Awal Penyakit Ginjal pada Anak-anak, Tubuh Sering Sembab

Sadanis sangat penting dilakukan oleh dokter yang kompeten dan berpengalaman, sehingga benjolan atau kelainan pada payudara dapat segera diketahui, bahkan bila benjolan masih berukuran sangat kecil.

Sementara itu, deteksi dini kanker serviks bisa dilakukan melalui pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat). Metode ini dianggap dapat membantu menyelamatkan banyak wanita karena relatif mudah dilakukan dan hasilnya cepat diperoleh.

Baca Juga : Untuk Lansia di Indonesia Lho! Vaksinasi Covid-19 Bisa Drive-Thru, Begini Caranya

Untuk membantu masyarakat terkait permasalahan kanker payudara dan kanker serviks tersebut Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Perintis Indonesia (Upertis) menggelar Layanan Tali Tigo Sapilin yang meliputi Layanan IVA test, Sadanis dan Kontrasepsi, di kampus II Bukittinggi, Selasa (26/1/2021) kemarin.

Bekerja sama dengan TP PKK Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Bukittinggi dan Puskemas, kegiatan ini diikuti oleh  sekitar  200 ibu-ibu dari 9 Kelurahan di wilayah tersebut. Menariknya, masyarakat yang melakukan pemeriksaan dalam kegiatan ini juga mendapat souvenir dari Upertis dan PKK Kecamatan Mandiangin.

Baca Juga : Ini Masker yang Disarankan Ahli untuk Tangkal Corona B117

Selain ibu-ibu dari 9 kelurahan tersebut terlihat tamu undangan yang hadir baik langsung atau mewakili seperti Wali Kota Bukittinggi, Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi, Kapores Bukittinggi, Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Camat Mandiangin koto selayan, 9 Kelurahan, PKK kota Bukittinggi, PKK kecamatan, dan BKKBN Bukittinggi.

Diketahui, sebagai perguruan tinggi yang baru melakukan transformasi dari Sekolah Tinggi menjadi Universitas, Upertis terbilang sering melakukan Pengabdian Masyarakat dan kegiatan sosial lainnya, terutama yang berkaitan dengan kebutuhan kesehatan masyarakat.

Baca Juga : Corona B117 Lebih Menular, Ini Penjelasan Pakar Kesehatan

Termasuk layanan IVA Test, Sadanis dan Kontrasepsi di Kota Bukittinggi, berbagai kegiatan Upertis yang menyentuh langsung ke masyarakat tersebut memang layak diapresiasi. (*)

Reporter : Buliza Rahmat | Editor : Milna Miana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]