Terkait Kasus Natalius Pigai, Komnas HAM Apresiasi Langkah Cepat Polri


Kamis, 28 Januari 2021 - 00:25:09 WIB
Terkait Kasus Natalius Pigai, Komnas HAM Apresiasi Langkah Cepat Polri Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Komnas HAM RI mengapresiasi Langkah Polri yang memidanakan kasus ujaran rasisme terhadap eks Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai. Diketahui, Natalius Pigai diserang secara rasisme oleh Ambroncius Nababan. 

"Perlu diingat bahwa Indonesia sudah meratifikasi Konvensi Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi Rasial melalui UU No 40 tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis," terang Ketua Komnas HAM RI, Ahmad Taufan Damanik, Rabu (27/1/2021).

Baca Juga : Polri Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk 2.282 Purnawirawan

Dengan begitu, rasisme atau tindakan diksriminasi berdasarkan ras dan etnis sangat ditentang baik secara nasional maupun internasional, bahkan bisa dipidanakan. "Sebagai bangsa yang sangat beragam, maka sudah sepatutnya rasisme atau tindakan diskriminasi berdasarkan ras dan etnis menjadi perhatian kita semua," tambahnya.

Tindakan penegakan hukum yang cepat dari Polri, juga diharapkan juga bisa mencegah kemarahan publik khususnya masyarakat Papua. Ketua Komnas HAM mencontohkan kejadian yang terjadi di Surabaya pada 2019 lalu. "Mahasiswa asal Papua di Surabaya yang kemudian memicu berbagai aksi unjuk rasa yang berujung kekerasan di berbagai tempat yang memakan korban nyawa dan kerusakan harta benda," pungkasnya.

Baca Juga : Tahanan Dapat Vaksin Covid-19, Jaksa Agung: Mereka Punya Hak Hidup

Sebelumnya, Bareskrim Polri memutuskan menahan tersangka kasus ujaran rasisme Ambroncius Nababan kepada aktivis Papua Natalius Pigai pada hari ini, Rabu (27/1/2021). "Agar tidak dianggap mematikan demokrasi dan bebas berbicara. Pesannya jangan lagi main jari yang mengarah ke perpecahan bangsa khususnya rasis agama suku golongan namun kalau bentuk kritik hal yang berbeda," tutupnya. (*)

Reporter : Agoes Embun | Editor : Agoes Embun
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]