Ada Apa? Bos Facebook Mark Zuckerberg Ngamuk ke Apple


Kamis, 28 Januari 2021 - 07:34:28 WIB
Ada Apa? Bos Facebook Mark Zuckerberg Ngamuk ke Apple Mark Zuckerberg. (AP Photo/Marcio Jose Sanchez, File)

HARIANHALUAN.COM - CEO Facebook Mark Zuckerberg menggunakan pidato pembukaan paparan kinerja keuangan kuartal IV-2020 untuk mengecam Apple atas perubahan kebijkan privasi. Ia mengatakan Facebook semakin melihat Apple sebagai salah satu pesaing terbesarnya.

Dalam kebijakan privasi barunya, pengguna iPhone dan iPad akan ditanya terlebih dahulu apakah bersedia membagikan informasi mereka untuk tujuan pelacakan iklan. Industri periklanan online diperkirakan akan terpukul karena diperkirakan banyak pengguna memilih untuk tidak membagikan informasi itu.

Baca Juga : Resmi Merger, Yahoo dan Line Lahirkan Raksasa Teknologi Baru

Dikutip dari CNBC Indonesia, Facebook, yang memperoleh hampir semua pendapatannya dari iklan online, telah menyerang kebijakan privasi Apple. Mereka beriklan besar-besaran di surat kabar ternama, menerbitkan situs web dan menjalankan posting blog yang menguraikan argumennya.

Facebook mengklaim perubahan kebijakan Apple akan "mengancm iklan dipersonalisasi yang jadi andalan jutaan bisnis kecil untuk menemukan dan menjangkau pelanggannya."

Baca Juga : Ilegal, TikTok Cash dan Snack Video Serta Deretan Aplikasi Ini Berpotensi Rugikan Publik

Dalam pidatonya, Mark Zuckerberg menuding Apple menggunakan posisinya untuk membantu layanannya sendiri, terutama layanan iMessage, yang bersaing dengan layanan Facebook Messenger dan WhatsApp.

"iMessage adalah kunci utama ekosistem mereka," ujar Mark Zuckerberg seperti dikutip dari CNBC International, Rabu (28/1/2021). "iMessage sudah diinstal sebelumnya di setiap iPhone dan mereka lebih suka dengan API dan izin pribadi, itu sebabnya iMessage adalah layanan perpesanan yang paling banyak digunakan di AS."

Baca Juga : Akibat Menolak Aturan Baru WhatsApp bagi Pengguna

Dia mengatakan bisnis Apple sekarang semakin bergantung pada mendapatkan bagian dalam aplikasi dan layanan.

"Apple memiliki setiap insentif untuk menggunakan posisi platform dominan mereka untuk mengganggu cara kerja aplikasi kami dan aplikasi lain, yang secara teratur mereka lakukan untuk memilih milik mereka sendiri," katanya. "Ini memengaruhi pertumbuhan jutaan bisnis di seluruh dunia, termasuk dengan perubahan iOS 14 yang akan datang."

Baca Juga : Kendaraan Masa Depan, Nih Kenalkan Pesawat Listrik!

Zuckerberg juga mengulangi argumen Facebook bahwa perubahan privasi Apple akan mempersulit kemampuan bisnis kecil untuk menjangkau pelanggan mereka dengan iklan bertarget.

"Apple mungkin mengatakan mereka melakukan ini untuk membantu orang-orang, tetapi langkah-langkah tersebut dengan jelas melacak minat pesaing mereka," katanya. "Kami dan orang lain akan melawan ini di masa mendatang." (*)

Editor : Heldi Satria | Sumber : CNBC Indonesia
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]