Gegara Hal ini, Pariwisata Indonesia Kehilangan Rp 150 T Tiap Tahun


Kamis, 28 Januari 2021 - 15:39:57 WIB
Gegara Hal ini, Pariwisata Indonesia Kehilangan Rp 150 T Tiap Tahun Pariwisata Indonesia Kehilangan Rp 150 T Tiap Tahun

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menparekraf/Kepala Baparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan wisatawan nusantara selama ini kurang tersentuh. Seharusnya mereka bisa diarahkan untuk berlibur di dalam negeri ketimbang ke luar negeri.

Pasalnya, uang yang dihabiskan orang Indonesia untuk liburan ke luar negeri, nilainya mencapai Rp 150 triliun tiap tahun. Itu bukan angka yang sedikit.

Baca Juga : Keren! Kawasan Danau Maninjau Diusulkan Jadi Wisata Unggulan Nasional

"Destinasi-destinasi super prioritas ini harus jadi destinasi wisata pilihan kita. Jadi ada Rp 150 triliun yang keluar dari Indonesia tiap tahunnya karena kita asyik berlibur di negara-negara favorit kita," kata Sandiaga dalam webinar MGN SUMMIT 2021 WONDERFUL INDONESIA, Kamis (28/1/2021).

Dirinya pun ingin agar setidaknya 30% dari Rp 150 triliun yang digunakan untuk liburan ke luar negeri beralih untuk digunakan di dalam negeri.

Baca Juga : Sandiaga Uno Sebut Ajakan Presiden Cintai Produk Lokal Bisa Bangkitkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

"Kalau kita alihkan 20% sampai 30% saja itu bisa mencapai Rp 50 triliun yang kita bisa arahkan untuk destinasi destinasi kita, baik yang ada di NTT, itu di Manggarai Barat ada Labuan Bajo yang world class, maupun di Sulawesi Selatan juga, mulai dari Pulau Selayar, Toraja," sebutnya.

Menurut Sandiaga banyak sekali peluang-peluang yang bisa dimanfaatkan untuk menjaring wisatawan domestik agar tidak liburan ke luar negeri.

Baca Juga : Dampak Pandemi Covid-19, Hanya Seorang Wisman Kunjungi Riau

"Banyak sekali peluang-peluang dan ini kita melihat ekosistem ini harus dibangun, dan kita canangkan agar nanti di tahun selanjutnya kita menjadi destinasi wisata pilihan di Asia Tenggara," tambahnya. (*)

Editor : Rahma Nurjana | Sumber : detik.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]