Mantan KSAD Wismoyo Arismunandar Dimakamkan Secara Militer di Astana Giribangun


Kamis, 28 Januari 2021 - 16:32:29 WIB
Mantan KSAD Wismoyo Arismunandar Dimakamkan Secara Militer di Astana Giribangun Jenazah Wismoyo Arismunandar saat tiba di Giribangun. (Foto: detikcom)

KARANGANYAR, HARIANHALUAN.COM - Pemakaman Jenazah Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar digelar secara militer dengan inspektur upacara Pangkostrad Letjen TNI Eko Margono. Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) tersebut dimakamkam di Astana Giribangun, Matesih, Karanganyar, Jawa Tengah. 

Pantauan di lokasi, Kamis (28/1), usai disalatkan, peti jenazah Wismoyo Arismunandar diletakkan di atas liang lahad yang sudah disiapkan. Puluhan prajurit TNI dari unsur Kopassus, Kostrad, dan Kodam tampak berbaris untuk memulai prosesi upacara.

Baca Juga : Menantu Nurhadi Dituntut 11 Tahun Penjara dalam Kasus Suap-Gratifikasi

Pemakaman Wismoyo Arismunandar diiringi dua kali tembakan salvo. Jasad Wismoyo lalu dikeluarkan dari peti untuk dikebumikan.

Usai didoakan, prosesi pemakaman dilanjutkan dengan tabur bunga dari pihak keluarga. Upacara ditutup penyerahan bendera merah putih dari inspektur upacara ke perwakilan keluarga.

Baca Juga : BLT UMKM Rp2,4 Juta Cair Bulan Ini, Simak Cara dan Syarat Mendapatkannya

Selain Pangkostrad, tampak hadir di pemakaman ini beberapa petinggi TNI di antaranya, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bhakti Agus Fadjari dan Gubernur Akmil Mayjen TNI Totok Imam Santoso, dan Danrem 074/Warastratama Kol Inf Rano Tilaar.

Putri mantan Presiden Soeharto, Titiek Soeharto, mengenang Wismoyo sebagai pribadi yang tegas dan dekat dengan semua orang. Titiek mengaku berduka mantan pengawal ayahnya itu meninggal dunia.

Baca Juga : Bersyukur Lampiran Perpres Miras Dicabut, Yusuf Mansyur: Alhamdulillah Doa Kita Dikabulkan Allah SWT

"Saya atas nama keluarga besar Pak Harto menyampaikan duka cita sedalam-dalamnya atas meninggalnya Pak Wismoyo yang juga adalah om saya karena beliau menikah dengan adiknya Bu Tien. Tentunya kita doakan agar Pak Wismoyo diampuni dosa-dosanya," ujar Titiek ditemui di Astana Giribangun, Kamis (28/1/2021) dikutip dari detikcom.


Titiek mengatakan dirinya kebetulan berada di Solo dan Karanganyar untuk mendoakan Haul ke-13 ayahnya. Dirinya mengaku kaget mendapat kabar meninggalnya Wismoyo Arismunandar.

Baca Juga : Bantah Tudingan Manfaatkan Kunjungan Online, Edhy Prabowo: Itukan Pas Waktu Zoom

"Kebetulan saya tadi malam ada di sini untuk tahlil meninggalnya bapak, 27 Januari. Kaget juga (dikabari) Pak Wismoyo nggak ada, dan keluarga beliau menghendaki untuk sama-sama dimakamkan di makam keluarga di Giribangun ini," terangnya.

Titiek pun mengenang Wismoyo sebagai pribadi yang tegas namun dekat dengan semua orang. Dirinya terakhir bertemu Wismoyo setahun lalu.

"Orang yang tegas, dekat dengan semua orang. Ketemu terakhir setahun lalu, sehat walafiat waktu itu. Belakangan ini saja dapat kabar beliau sakit," pungkas Titiek. (*)

Editor : Rahma Nurjana | Sumber : detik.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]