Peran Guru Dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini


Jumat, 29 Januari 2021 - 13:02:06 WIB
Peran Guru Dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini Gusmayenti, S.Pd (Kepala TK Pertiwi Duri - Riau)

OlehGUSMAYENTI S.Pd (Kepala TK Pertiwi Duri - Riau)

 

Baca Juga : Politik dan Etika Berkelindan dalam Pengisian Jabatan Wawako Padang

HARIANHALUAN.COM - Pendidikan karakter adalah upaya sadar yang dilakukan seseorang atau sekelompok orang (pendidik) untuk menginternalisasikan nilai-nilai karakter pada peserta didik sebagai pencerahan agar peserta didik mengetahui, berfikir dan bertindak secara bermoral dalam menghadapi setiap situasi.

Pendidikan karakter sebaiknya dimulai sejak anak usia usia dini. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Baca Juga : Jangan Terlalu Bersedih Jika Kamu Dihinakan

Guru sebagai orangtua kedua bagi murid di PAUD, guru mempunyai peranan besar dalam memberikan bekal ilmu. Terlebih lagi, guru dinilai sebagai sosok yang berpendidikan yang diharapkan mampu mendidik anak bangsa yang berkarakter.

Selain mendidik dan memberikan materi akademik di PAUD, guru diharapkan juga dapat menanamkan nilai-nilai positif pada murid, karena guru adalah role model bagi para murid.

Baca Juga : Mengapa Isu Presiden 3 Periode Kembali Berhembus?

Maka, dapat dikatakan guru memiliki peran yang besar dalam pembentukan karakter anak usia dini. Untuk mendukung hal ini, sebaiknya para guru juga mengokohkan karakter yang dimiliki.  

Hal-hal sederhana yang dapat dilakukan oleh guru untuk membangun karakter pada anak usia dini yaitu, jadikan diri sebagai contoh, jadilah guru yang tidak hanya sekedar mementingkan nilai akademis, tetapi juga mengapresiasi usaha murid.

Baca Juga : Perang Inovasi dalam Era Disrupsi

Selanjutnya, lebih dari sekedar mengajar, ajarkan juga nilai moral pada pelajaran, jujur pada diri sendiri dan terbuka pada kesalahan, mengajarkan sopan santun, beri kesempatan murid untuk belajar memimpin dan berbagi pengalaman sebagai cerita inspiratif

Guru memiliki peran penting dalam pembentukan karakter dasar siswa sejak dini. Guru yang berkarakter baik, memiliki peluang melahirkan siswa yang berkarakter lebih baik. Penguasaan metode, dan penguasaan substansi materi saja tidak cukup bagi guru.

Menjadi guru dan memiliki kasih sayang dan beretika kepada siswanya, merupakan langkah penting yang harus dimiliki guru untuk melahirkan siswa yang berkarakter baik.

Dengan cara sederhana tersebut, diharapkan guru dapat mendidik murid tidak hanya kemampuan akademis saja tetapi juga pribadi yang positif. Mari bersama kita bangun karakter positif pada anak sejak usia dini. (*)

Editor : Heldi Satria
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]