Mengenal Mainan Baru Kaum Kaya, Politik !


Sabtu, 30 Januari 2021 - 22:23:01 WIB
Mengenal Mainan Baru Kaum Kaya, Politik ! Tommy TRD

PADA suatu masa, seseorang bisa dikatakan kaya jika ia memiliki mainan serupa Cadillac atau Rolls Royce. Kemudian level mainan para kaum the have ini berubah menjadi sebuah private jet seperti Gulfstream ataupun Bombardier.

Oleh: Tommy TRD

Baca Juga : Tidak Lagi Tertinggal, Solsel Bersiap Menuju Daerah Maju

Namun pada kaum yang lebih kaya lagi, mainan mereka adalah politik. Jika dulu para miliarder memiliki kuda pacu yang berpacu di lintasan, maka saat ini para miliarder memiliki calon-calon kepala daerah yang berpacu pada ratusan Pilkada.

Seperti candu, para taipan ini menginginkan resiko yang lebih tinggi lagi agar adrenaline mereka menyentuh batas yang belum pernah mereka rasakan sebelumnya. Tapi tentu hal ini berbanding lurus dengan "hadiah" yang akan diterima. Turut mendebarkan membayangkan bagaimana mereka yang "bertaruh" puluhan hingga ratusan miliar dalam sebuah pemilihan politik, duduk berdebar menyaksikan hasil quick count. Tentunya dengan wine di gelas kristal dan cerutu kualitas terbaik dari Kuba.

Baca Juga : Pesona Tersembunyi di Desa Terindah Pariangan

Ya, mereka tidak lagi memacu kuda. Trophy dan prestise yang didapatkan dari pacu kuda menjadi tidak lebih menarik dibandingkan hak konsensi hutan atau lahan tambang misalnya. Atau dengan sebuah policy yang membuat mereka bisa bertambah kaya ratusan miliar per tahunnya melalui keringanan pajak atau karena tak perlu membayar pesangon buruh yang diPHK. Dibanding semua itu, apalah artinya trophy pacuan kuda.

Pada buku how democracy dies, Levitsky dan Ziblatt mengatakan bahwa lingkungan yang ada saat ini tidak mendukung bagi demokrasi untuk tumbuh berkembang.

Baca Juga : Kemenangan Mahyeldi-Audy Joinaldy adalah Kemenangan Masyarakat Sumatera Barat

Ya, karena sejatinya demokrasi memang bukanlah sarana terbaik untuk menghasilkan pemimpin-pemimpin, walaupun juga bukan yang terburuk. Namun demokrasi tanpa konstitusi yang memadai, jelas hanya akan menjadi arena lain dari sebuah pacuan kuda, dengan para joki yang menari-nari di atas kudanya. Tidak lebih.

Seorang Rizal Ramli kabarnya pernah dimintai 300 miliar dari salah satu partai untuk diusung sebagai calon presiden. Calon kepala daerah harus membayar mahar partai sebesar 20 miliar agar diusung dalam pemilihan Bupati. Namun di sinilah menariknya demokrasi (kita), jika mereka tidak mampu menyediakan dana itu, akan ada "pemilik-pemilik" kuda yang bersedia menyiapkan itu semua. Para calon ini akan bertindak sebagai joki, para taipan akan berlomba-lomba menyiapkan kuda terbaik,  bahkan ikut menentukan aturan mainnya. Namun ingat, bagi joki, trophy hanyalah untuk berpose dalam foto. Pemilik kuda lah yang membawa trophy pulang ke rumahnya.

Baca Juga : Perekonomian Sumbar di Tengah Pandemi Covid-19 

Di Amerika Serikat trophy ini bisa berupa penurunan pajak bagi golongan tertentu atau kelonggaran menjual miras pada masa prohibition. Di Amerika Latin trophy ini bisa berupa peluang untuk memonopoli ladang dan harga tebu atau kelonggaran dalam memproduksi kokain.

Di Indonesia ? Bisa berupa apa saja. Karena memang kita punya semua.(*)

Editor : Dodi | Sumber : Penulis
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 05 Maret 2021 - 20:18:03 WIB

    Tidak Lagi Tertinggal, Solsel Bersiap Menuju Daerah Maju

    Tidak Lagi Tertinggal, Solsel Bersiap Menuju Daerah Maju Dalam berbagai kesempatan seringkali disebut bahwasannya Kabupaten Solok Selatan tertinggal dibandingkan dengan daerah-daerah lain. Solok Selatan disebut-sebut memiliki berbagai kekurangan dibandingkan dengan daerah lain, ter.
  • Kamis, 04 Maret 2021 - 21:28:32 WIB

    Pesona Tersembunyi di Desa Terindah Pariangan

    Pesona Tersembunyi di Desa Terindah Pariangan Nagari Tuo Pariangan atau yang sering disebut sebagai Desa Terindah terletak di Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat. Desa seluas 17.92 km 2 secara goegrafis ini terletak di bawah lereng Gunung Marapi den.
  • Selasa, 16 Februari 2021 - 20:23:20 WIB

    Kemenangan Mahyeldi-Audy Joinaldy adalah Kemenangan Masyarakat Sumatera Barat

    Kemenangan Mahyeldi-Audy Joinaldy adalah Kemenangan Masyarakat Sumatera Barat Masyarakat Sumatera Barat pantas bersyukur atas telah dilewatinya semua proses Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat 2020. Baik proses pemilihan maupun proses hukum di Mahkamah Konstitusi..
  • Sabtu, 13 Februari 2021 - 12:16:03 WIB

    Perekonomian Sumbar di Tengah Pandemi Covid-19 

    Perekonomian Sumbar di Tengah Pandemi Covid-19  Pandemi Covid-19 yang melanda dunia melumpuhkan berbagai sektor kehidupan manusia. Pandemi tidak hanya terkait sektor kesehatan saja, tetapi perekonomian juga 'babak belur' karena hal tersebut. Oleh karena itu, pemerintah pro.
  • Sabtu, 30 Januari 2021 - 22:23:01 WIB

    Mengenal Mainan Baru Kaum Kaya, Politik !

    Mengenal Mainan Baru Kaum Kaya, Politik ! PADA suatu masa, seseorang bisa dikatakan kaya jika ia memiliki mainan serupa Cadillac atau Rolls Royce. Kemudian level mainan para kaum the have ini berubah menjadi sebuah private jet seperti Gulfstream ataupun Bombardier..
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]