Berminat untuk Menjadi Penyelam? Ini Tipsnya untuk Pemula


Ahad, 07 Februari 2021 - 19:13:51 WIB
Berminat untuk Menjadi Penyelam? Ini Tipsnya untuk Pemula Seorang penyelam sedang menyaksikan pemandangan bawah laut. (istimewa)

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Menikmati pemandangan bawah laut memiliki kenikmatan dan keasyikan tersendiri. Beraneka ragam kehidupan berseliweran dalam perairan tersebut begitu memikat untuk ditatap dan disingkap kehidupan bawah laut tersebut yang sampai sekarang ini baru sebagian kecil saja yang baru terungkap. 

Beragam yang ada, mulai dari beragam jenis ikan yang indah, berbagai macam biota dan tumbuhan laut yang berwarna-warni dan seakan menari-nari menunggu kedatangan para penyelam, ratusan ragam bentuk terumbu karang hingga plankton dan biota lainnya. Ini merupakan pemandangan yang sangat luar biasa, terutama bagi pecinta alam bawah laut. 

Baca Juga : Blak-blakan di Lisensi Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT)

"Bagi anda yang ingin menikmati sensasi bawah laut dengan menyelam, namun masih ragu-ragu atau tidak bisa berenang, jangan khawatir untuk tidak dapat menikmati itu, kunci utamanya adalah kuatkan niat dan keinginan, karena itu adalah modal utamanya," sebut Indrawadi Mantari, salah seorang penyelam senior asal Padang. 

Pria yang berkecimpung di Diving Proklamator Universitas Bung Hatta ini juga menyebut, untuk dapat menikmati semua keindahan dan kenikmatan didasar laut tersebut, tidaklah terlalu sukar dan memerlukan waktu yang lama. Salah satu caranya adalah dengan belajar menyelam atau scuba diving, dimana dengan belajar menyelam, seorang diver akan mendapatkan semua teori bagaimana cara menyelam dengan benar.

Baca Juga : Media IT dalam Pengenalan Kalimat Thayyibah pada Masa Emas Anak

"Tidak itu saja, pengenalan dan pengetahuan tentang peralatan standar penyelaman serta cara-cara penyelamatan diri juga termasuk di dalamnya," sebut pria penyuka kopi ini. 

Jika takut menyelam, kata Mantari -- panggilan akrabnya, pilihan lain masih ada untuk memperoleh kenikmatan tersebut yakni dengan belajar snorkeling atau skin diving. Ini adalah dasar utama untuk mengikuti jenjang penyelaman scuba. Satu lagi, jika tak bisa berenang, tak perlu khawatir, instruktur atau pendamping akan mengajarkan dan akan mendampingi sampai bisa agar keindahan bawah laut bisa dinikmati.

Baca Juga : Misteri Rumah Gadang di Bendang, Bunyi Tongkat Menghentak sampai Piring Pecah

Kemudian, menyoal lokasi diving ataupun snorkeling, untuk pemula disarankan di wilayah yang terdekat dulu dan relatif aman, misalnya kalau di Kota Padang, bisa di Pulau Pasumpahan, Pulau Sirandah, Pulau Pagang, Pulau Pamutusan ataupun di kawasan Mandeh. Namun, biasanya hanya dengan skin diving atau snorkeling saja, orang tidak cukup puas menikmati keindahan panorama bawah laut tersebut. 

"Karena hanya dengan mengapung di permukaan, keindahan yang dapat disaksikan terbatas, hanya sebagian kecil yang dapat dinikmati, misalnya yang dapat disaksikan hanya ikan-ikan kecil dan beraneka ragam terumbu karang jenis perairan dangkal saja yang dapat disaksikan. Padahal jauh dibawahnya lagi masih banyak yang tersembunyi," tutupnya. (*)

Baca Juga : Beragam Tradisi Unik Masyarakat Adat Indonesia di Bulan Rajab

Reporter : Agoes Embun | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]