Perekonomian Sumbar di Tengah Pandemi Covid-19 


Sabtu, 13 Februari 2021 - 12:16:03 WIB
Perekonomian Sumbar di Tengah Pandemi Covid-19  Brian Putra Bastara (Caketum BPC HIPMI Sumatera Barat)

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pandemi Covid-19 yang melanda dunia melumpuhkan berbagai sektor kehidupan manusia. Pandemi tidak hanya terkait sektor kesehatan saja, tetapi perekonomian juga 'babak belur' karena hal tersebut. Oleh karena itu, pemerintah provinsi dan pusat melakukan berbagai langkah strategis untuk dapat memulihkan sektor perekonomian

 

Baca Juga : Tidak Lagi Tertinggal, Solsel Bersiap Menuju Daerah Maju

Oleh: Brian Putra Bastara (HIPMI Sumbar)

Berdasarkan rilis BPS Provinsi Sumatera Barat, pertumbuhan ekonomi Sumbar jauh menurun dibandingkan tahun 2019 yang tumbuh sebesar 5,01 persen, dan pada 2018 mencapai 5,14 persen. Sektor usaha yang bertahan pada masa pandemi adalah jasa informasi dan komunikasi yang berkontribusi sebesar 6,2 persen. Karena adanya kebijakan belajar dari rumah untuk pelajar dan mahasiswa, kemudian juga work from home sehingga kebutuhan internet meningkat. 

Baca Juga : Pesona Tersembunyi di Desa Terindah Pariangan

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Kita bisa melihat, untuk dapat memulihkan kondisi ekonomi tersebut butuh koordinasi dan sinergi kebijakan dari berbagai pihak agar lebih efektif. Selain itu, koordinasi dan sinergi kebijakan menjadi kunci utama untuk pemulihan sektor tersebut. Namun demikian, yang lebih penting lagi adalah eksekusi bagaimana cara menjalankan itu semua. Ini menjadi tantangan bagi kita semua untuk bersinergi memulihkannya. 

Baca Juga : Kemenangan Mahyeldi-Audy Joinaldy adalah Kemenangan Masyarakat Sumatera Barat

Kita butuh strategi yang bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi ini. Seperti meningkatkan konsumsi rumah tangga, kita akan kuatkan peningkatan perekonomian yang berbasis UMKM di Sumbar. Sebagaimana diketahui, UMKM didominasi oleh pedagang yang merupakan bagian dari ekonomi berbasis UMKM tersebut. 

Nantinya, di program kerja HIPMI Sumbar yang menjadi prioritas akan berpartisipasi untuk memulihkan perekonomian masyarakat yang terus merosot. Sehingga capaian, peran HIPMI bisa dirasakan di tengah-tengah masyarakat. Era sekarang kita bisa lihat, menjadi saat yang berat untuk semua orang. Di sinilah peran kita, untuk bisa menjembatani antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat. Karena kita tahu bahwa HIPMI selalu mendukung dan dekat dengan pemerintahan. 

Baca Juga : Mengenal Mainan Baru Kaum Kaya, Politik !

Kita sama-sama berharap dan berjuang untuk HIPMI Sumbar dapat menjadi wadah pengusaha lainnya untuk bisa melakukan inovasi untuk dapat menambah relasi serta keterampilan baru. Nantinya, kita akan berusaha bagaimana cara pelaku UMKM untuk dapat berinovasi, berkolaborasi dan menambah relasi. 

HIPMI akan turun tangan untuk ikut berkontribusi memulihkan perekonomian masyarakat serta pelaku UMKM. Kita juga akan mendorong generasi muda untuk membuka lapangan pekerjaan serta usaha-usaha baru. Tak hanya HIPMI Sumbar saja tapi kita juga akan melibatkan teman- teman BPC di kabupaten/kota. (*)

Editor : Heldi Satria
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 05 Maret 2021 - 20:18:03 WIB

    Tidak Lagi Tertinggal, Solsel Bersiap Menuju Daerah Maju

    Tidak Lagi Tertinggal, Solsel Bersiap Menuju Daerah Maju Dalam berbagai kesempatan seringkali disebut bahwasannya Kabupaten Solok Selatan tertinggal dibandingkan dengan daerah-daerah lain. Solok Selatan disebut-sebut memiliki berbagai kekurangan dibandingkan dengan daerah lain, ter.
  • Kamis, 04 Maret 2021 - 21:28:32 WIB

    Pesona Tersembunyi di Desa Terindah Pariangan

    Pesona Tersembunyi di Desa Terindah Pariangan Nagari Tuo Pariangan atau yang sering disebut sebagai Desa Terindah terletak di Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat. Desa seluas 17.92 km 2 secara goegrafis ini terletak di bawah lereng Gunung Marapi den.
  • Selasa, 16 Februari 2021 - 20:23:20 WIB

    Kemenangan Mahyeldi-Audy Joinaldy adalah Kemenangan Masyarakat Sumatera Barat

    Kemenangan Mahyeldi-Audy Joinaldy adalah Kemenangan Masyarakat Sumatera Barat Masyarakat Sumatera Barat pantas bersyukur atas telah dilewatinya semua proses Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat 2020. Baik proses pemilihan maupun proses hukum di Mahkamah Konstitusi..
  • Sabtu, 13 Februari 2021 - 12:16:03 WIB

    Perekonomian Sumbar di Tengah Pandemi Covid-19 

    Perekonomian Sumbar di Tengah Pandemi Covid-19  Pandemi Covid-19 yang melanda dunia melumpuhkan berbagai sektor kehidupan manusia. Pandemi tidak hanya terkait sektor kesehatan saja, tetapi perekonomian juga 'babak belur' karena hal tersebut. Oleh karena itu, pemerintah pro.
  • Sabtu, 30 Januari 2021 - 22:23:01 WIB

    Mengenal Mainan Baru Kaum Kaya, Politik !

    Mengenal Mainan Baru Kaum Kaya, Politik ! PADA suatu masa, seseorang bisa dikatakan kaya jika ia memiliki mainan serupa Cadillac atau Rolls Royce. Kemudian level mainan para kaum the have ini berubah menjadi sebuah private jet seperti Gulfstream ataupun Bombardier..
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]