Ini Sosok Wanita Pemilik Bank Pertama di Amerika


Jumat, 19 Februari 2021 - 08:16:59 WIB
Ini Sosok Wanita Pemilik Bank Pertama di Amerika Ilustrasi bank di Amerika Serikat.

HARIANHALUAN.COM - Ternyata, pemilik bank pertama kali di Amerika Serikat ialah seorang wanita. Dia adalah Maggie Lena Walker. Di mana, Maggie Walker mendirikan St. Luke Penny Savings Bank. Bank tersebut telah menjadi katalisator kemajuan ekonomi, khususnya bagi ras kulit hitam.

"Mari kita kumpulkan uang untuk menuai keuntungan," kata Walker dalam Ordo Independen Konvensi Tahunan St. Luke pada 1901, yang dikutip dari merdeka.com.

Baca Juga : 10 Juta Orang Menjomblo di Rusia, Pemerintah Wajibkan Pria Miliki Dua Istri atau Lebih

Wanita pencetak sejarah tersebut lahir pada 15 Juli 1867 di Richmond, Virginia. Mengutip laman enterpreneur, Selasa (16/2), saat kelahiran Walker, perang saudara Amerika telah berakhir yang kemudian memasuki era rekonstruksi.

Selama periode tersebut, jutaan budak berkulit hitam telah dibebaskan untuk kemudian melawan berbagai ancaman yang ada. Pada saat itu, ada undang-undang yang dirancang untuk membatasi kebebasan orang Afrika-Amerika. Tujuannya untuk mempertahankan kekuasaan tertinggi orang berkulit putih.

Baca Juga : Bill Gates Peringatkan Cuaca di Bumi Bakal Makin Gila

Pembatasan tersebut bertujuan untuk mencegah orang berkulit hitam membeli properti dan memiliki bisnis. Orang-orang berkulit hitam pada masa tersebut banyak yang tertindas karena tidak berhak mengambil bagian dalam menghasilkan atau menciptakan kekayaan di negeri sendiri, AS.

Itulah alasan Walker akhirnya memutuskan untuk berkecimpung di dunia ekonomi. Dia ingin bisa memberikan peluang untuk orang Afrika-Amerika dan wanita.

Baca Juga : Satu Orang Tewas Saat Polisi Bubarkan Demonstran di Myanmar

Akhirnya pada 1901, Walker menyampaikan rencananya tersebut pada pidato yang disampaikannya dalam sesi tahunan Right Worhty Grand Council of Virginia ke-34.

Dalam pidato tersebut Walker menyampaikan rencana ekonomi serta tujuan yang dia buat untuk para kaum kulit hitam. Bagaimana menghadapi kompetisi kehidupan, khususnya di bidang ekonomi.

Baca Juga : WHO Pusing, Ada Ancaman Baru ke Vaksin Covid

"Yang kami butuh adalah surat kabar untuk memberitakan pekerjaan kami. Tidak ada bisnis atau perusahaan, hanyalah surat kabar," ujar Walker.

"Kami membutuhkan pria dan wanita yang mampu bekerja dengan baik. Ingin seorang eksekutif, orang yang mampu menjalankan bank, koran, dan yang akan mengembangkan sesuatu sehingga memberikan pekerjaan untuk orang-orang khususnya wanita," tambahnya.

Bangun Perusahaan Media
Selain berkecimpung di bidang ekonomi, dia pun menjadi pendiri sekaligus pemimpin redaksi salah satu surat kabar, The St. Luke Herald pada 1902.

Setahun kemudian pada 1903, Walker diangkat menjadi presiden di sebuah bank Amerika Serikat, The St Luke Penny Savings Bank. Hal yang terjadi pada Walker tersebut, mungkin belum tentu bisa dirasakan oleh ras berkulit hitam lain.

Pada 1934, Walker mengembuskan nafas terakhirnya. Warisannya masih tertinggal, berupa rumah yang dijadikan monumen terletak di Richmond.

Rumahnya kini menjadi situs sejarah nasional, terlebih keluarganya pun sudah menyerahkan rumah tersebut kepada Park Service sejak 1979. Tempat tinggalnya itu menjadi saksi dan memiliki nilai tersendiri karena Walker telah menghabiskan semasa hidupnya di rumah tersebut, di Virginia. (*)

Editor : Heldi Satria | Sumber : merdeka.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 28 Februari 2021 - 16:31:51 WIB

    10 Juta Orang Menjomblo di Rusia, Pemerintah Wajibkan Pria Miliki Dua Istri atau Lebih

    10 Juta Orang Menjomblo di Rusia, Pemerintah Wajibkan Pria Miliki Dua Istri atau Lebih Bagi Anda kaum Adam yang ingin memiliki istri lebih dari satu, tak ada salahnya mencoba pindah kewarganegaraan ke Rusia. Sebab, di sana populasi yang tidak seimbang antara perempuan dan laki-laki membuat pemerintahnya mengelu.
  • Ahad, 28 Februari 2021 - 16:20:38 WIB

    Bill Gates Peringatkan Cuaca di Bumi Bakal Makin Gila

    Bill Gates Peringatkan Cuaca di Bumi Bakal Makin Gila Belakangan ini seolah tak hentinya Bill Gates melontarkan peringatan tentang bahaya perubahan iklim. Salah satunya terkait kondisi cuaca yang bisa jadi akan semakin ekstrim pada masa-masa mendatang..
  • Ahad, 28 Februari 2021 - 12:46:25 WIB

    Satu Orang Tewas Saat Polisi Bubarkan Demonstran di Myanmar

    Satu Orang Tewas Saat Polisi Bubarkan Demonstran di Myanmar Kepolisian Myanmar kembali melepaskan tembakan untuk membubarkan para demonstran antikudeta yang memadati jalan-jalan di Myanmar pada Minggu (28/2). Seorang pengunjuk rasa dilaporkan tewas tertembak sementara yang lain mengal.
  • Sabtu, 27 Februari 2021 - 11:23:47 WIB

    WHO Pusing, Ada Ancaman Baru ke Vaksin Covid

    WHO Pusing, Ada Ancaman Baru ke Vaksin Covid Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tengah 'pusing'. Ini terkait pasokan vakin corona (Covid-19) yang adil ke seluruh dunia..
  • Jumat, 26 Februari 2021 - 14:51:11 WIB

    Joe Biden Beri Kepastian Amankan Saudi

    Joe Biden Beri Kepastian Amankan Saudi Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden melakukan pembicaraan dengan Raja Arab Saudi Salman pada Kamis (25/2). Dalam percakapan perdana sejak Biden resmi menjadi pemimpin negara adidaya itu, ia menekankan komitmen AS untuk me.
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]