Kabar Baik, Pemakai Kacamata Disebut 3 Kali Lebih Terlindungi dari COVID-19


Selasa, 23 Februari 2021 - 08:25:18 WIB
Kabar Baik, Pemakai Kacamata Disebut 3 Kali Lebih Terlindungi dari COVID-19 Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Orang yang menggunakan kacamata membuat seseorang tiga kali lebih kecil risikonya tertular virus Corona COVID-19. Demikian hasil penelitian, bahkan  peneliti menemukan orang yang memakai kacamata lebih jarang menggosok dan menyentuh mata.

Dikutip detikcom dari laman The Sun, orang bisa menyentuh wajah mereka 23 kali dalam satu jam dan matanya 3 kali dalam satu jam.

Baca Juga : 'Varian Raja' dari Afsel, Corona B1351 Harus Lebih Diwaspadai dari B117

"Penularan terjadi dengan menyentuh wajah, hidung, mulut dan mata. Menyentuh hidung dan mulut berkurang secara signifikan saat memakai masker. Tapi, pemakaian masker tidak melindungi dan mencegah seseorang menyentuh mata," jelas peneliti utama Amit Kumat Saxena.

Amit Kumar juga menjelaskan bahwa menyentuh dan menggosok mata menggunakan tangan yang terkontaminasi akan meningkatkan risiko infeksi virus Corona COVID-19.

Baca Juga : Ibu Hamil tak Direkomendasikan Vaksinasi Covid-19, Ini Penjelasan PP POGI

Karena itu, risiko terinfeksi virus Corona melalui mata 3 kali lebih kecil pada orang yang memakai kacamata.

"Risiko yang lebih kecil ini karena mereka jarang menyentuh mata ketika memakai kacamata. Pemakaian kacamata juga telah dibuktikan mampu mengurangi kebiasaan menyentuh mata secara signifikan," jelasnya.

Baca Juga : Ada Beberapa Varian Mutasi Corona Baru yang Ditemukan, Apa saja?

Faktor lain yang memicu penularan virus Corona COVID-19 termasuk jenis kelamin. Para ahli telah mengatakan bahwa virus corona menimbulkan ancaman khusus pada pria.

Selain itu, orang dewasa yang lebih tua atau usia 60 tahun ke atas juga cenderung sakit parah akibat virus Corona. Para ilmuwan menemukan bahwa mereka yang meninggal karena virus Corona COVID-19 rata-rata berusia 65,8 tahun.

Baca Juga : Tak Perlu Heboh Jika Sakit Kepala Pasca Divaksin, Atasi dengan Cara Ini

Bahkan orang dengan obesitas atau kelebihan berat badan juga termasuk kategori orang yang berisiko tinggi terinfeksi dan menderita parah akibat virus Corona COVID-19. (*)

Editor : Rahma Nurjana | Sumber : detik.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]