DPRD Sumbar Usulkan Pelantikan Mahyeldi-Audy ke Mendagri


Selasa, 23 Februari 2021 - 18:17:38 WIB
DPRD Sumbar Usulkan Pelantikan Mahyeldi-Audy ke Mendagri Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar terpilih, Mahyeldi Ansharullah-Audy Joinaldy.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Melalui rapat paripurna, Selasa siang (23/2/2021), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar memutuskan mengusulkan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar terpilih Mahyeldi Ansharullah-Audy Joinaldy pada Presiden Republik Indonesia melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI agar disahkan dan diangkat.

Ketua DPRD Sumbar, Supardi mengatakan, keputusan usulan itu didasari hasil pleno KPU tentang penetapan Mahyeldi Ansharullah-Audy Joinaldy sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih pada Jumat, 19 Januari lalu.

Baca Juga : Pelantikan Pemuda Dewan Da’wah Solsel, Jimmi: Gencarkan Dakwah di Medsos, Berantas Hoaks

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

“Keputusan akan kami kirim secepatnya supaya pengesahan dan pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih segera ditindaklanjuti,” ucap Supardi.

Sesuai Pasal 160 A ayat (4) Undang-Undang nomor 10 tahun 2016, bahwa pengesahan pengangkatan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur dilakukan paling lambat 14 hari kerja sejak diterimanya usulan.

Baca Juga : Mentawai Jadi Daerah Terakhir yang akan Jemput Vaksin Covid-19 Tahap II

Dalam kesempatan yang sama, Pj Gubernur Sumbar, Hamdani mengatakan, Gubernur dan Wakil Gubernur definitif yang akan dilantik, harus mulai menyiapkan diri menyusun Rencana Pembangunan Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2025.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

“Tentunya RPJMD itu harus selaras juga dengan RPJPD 2005-2025 yang telah dibahas kepala daerah sebelumnya,” pinta Supardi.

Baca Juga : Hutama Karya Tegaskan Tidak Ada Penghentian Proyek Jalan Tol Padang-Pekanbaru, Hanya...

Sebelumnya diberitakan, Usai penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih, Jumat (19/2/2021), Komisi Pemilihan Umum Sumbar langsung menyerahkan SK dan berita acara ke DPRD Sumbar.

Ketua KPU Sumbar, Yanuk Sri Mulyani, penyerahan SK merupakan bagian dari aturan yang berlaku yang dilakukan sehari setelah penetapan.

Baca Juga : Tiga Ruas Jalan Provinsi Jadi Prioritas, Ini Rinciannya

"Mengingat besok hari libur, maka hari ini langsung kita serahkan kepada DPRD Sumbar," kata Yanuk disela-sela penyerahan SK.

Diketahui, SK tersebut diterima langsung oleh ketua DPRD Sumbar, Supardi. Diakuinya, pihaknya akan melanjutkan putusan KPU melalui penetapan keputusan paripurna.

"Tindak lanjutnya penetapan KPU, akan diputuskan melalui paripurna yang akan digelar paling lambat Rabu (24/2/2021) mendatang," imbuhnya.

Ditambahkannya, surat keputusan pleno KPU Sumbar akan diteruskan kepada Presiden melalui Mendagri, dan akan menetapkan gubernur dan wakil gubernur defenitif. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]